Kombinasi dalam dunia blogging, perlukah ?

Dalam membuat dan membangun ide postingan di blog, seorang blogger wajib mengkombinasikan antara presentasi kepribadian dan konsumsi pembaca. Sebuah tulisan blog  akan berjalan dengan sangat baik ketika terjadi sebuah interaksi antara penulis dan pembaca.

Banyak teman-teman pemilik blog menggunakan blog miliknya sebagai wadah untuk menonjolkan kepribadiannya melalui artikel yang bersifat curahan hati. Dan dari pilihan tentang penonjolan sisi tersebut pasti akan ada pro, kontra dan hal semacam ini sudah biasa terjadi dalam dunia blogging sebagai sebuah situs social.

Namun melihat keadaan dengan adanya pro dan kontra seperti ini, saya pun kemudian berfikir untuk turut serta ambil bagian dalam memahami keadaan ini. Dan  berikut tanggapan yang bisa saya berikan tentang keadaan ini :

Menurut hemat saya mempresentasikan kepribadian ini wajar dan tidak salah, karena itu merupakan privasi  seseorang. Disamping itu pula sebagai media social, sebuah blog juga harus memiliki transparansi untuk mengungkapkan siapa dan bagaimana orang yang berada di belakang blog tersebut. Tetapi yang perlu di garis bawahi saat ini adalah pengungkapan secara detail transparansi seorang blogger selaku pemilik blog juga harus dibatasi. Kita juga harus bisa menerapkan berapa batas artikel tentang kehidupan pribadi kita dengan audience yang berinteraksi. Karena mungkin ada diantara audience juga perlu mengetahui tentang mereka melalui anda. Maksud saya adalah ada kalanya kita harus menonjolkan apa yang di inginkan audience kita, bukan apa yang kita inginkan. Karena dari sinilah interaksi dapat berjalan dengan baik.  Inilah mengapa saya katakan harus ada kombinasi tersebut.

Untuk saat ini mungkin itu saja tanggapan yang bisa saya berikan. Saya yakin akan ada banyak tanggapan-tanggapan lain yang pasti berbeda dan lebih baik. 

Tetap semangatlah dalam berkarya  melalui tulisan kita.
gong xi fa cai 2013

Gong Xi Fa Cai buat para pembaca dan kawan-kawan blogger yang merayakan. Semoga tahun baru Cina ini memotivasi seluruh elemen rakyat Indonesia untuk bersatu menghapuskan segala bentuk perbedaan agar kehidupan yang baik akan terus berlangsung selamanya, BETUL!




Popular Posts