Alt Text pada Gambar untuk kebutuhan SEO

Gambar memiliki banyak fungsi dan kegunaan pada blog. Gambar bisa dibuat sebagai panel navigasi atau pun contoh-contoh dalam membantu menjelaskan konten yang kita sajikan. 

Jika berbicara masalah SEO, maka penggunaan alternatif dalam sebuah gambar merupakan faktor yang sangat diperlukan untuk memungkinkan crawler mesin pencari memahami gambar yang kita buat. Misalnya jika seorang pengguna internet mencari gambar "Suku Dayak Kalimantan" di search image pada penelusuran google, maka atribut gambar yang memiliki kata "Suku Dayak" dan "Kalimantan" akan tampil di mesin pencari.

Bagaimana agar gambar di blog relevan untuk SEO ?

Yaitu dengan memasang tag Alt pada gambar. Dan untuk tujuan SEO maka sebaiknya menanamkan kata kunci dalam tag Alt (alt text)

SEO Alt text


Namun yang perlu diingat tentang file gambar sebelum di upload kedalam blog, nama file harus diperbaharui. terlebih dahulu. Jangan menggunakan nama file gambar bersifat generik seperti abcdef123jpg, tetapi gunakan nama file deskriptif, misalnya "gambar penho".

Lebih jauh tentang gambar, crawler biasanya mengindeks semua jenis gambar dengan berbagai macam ukuran, tetapi perlu diingat bahwa kecepatan proses loading sangatlah penting, sehingga ukuran fisik sebuah gambar akan sangat bagus untuk di kurangi dengan cara menyematkan tinggi (height) dan lebar (width) gambar tersebut.

Apa ada pendapat atau masukan lain tentang gambar ini?






Popular Posts