Problematika Menulis di Blog

Menulis!. Sejak kecil semua orang sudah di didik untuk bisa menulis. Jadi menurut saya tidak perlu kita persoalkan tentang menulis, karena semua orang pasti bisa menulis. Menulis di blog, juga merupakan hal yang mudah, tinggal klik new posts di blog kemudian gunakan keyboard untuk menulis, maka akan tercipta sebuah tulisan, sangat gampang bukan!.

Tetapi yang menjadi masalah bagi penulis blog saat ini menurut logika saya adalah mencari topik dan kemudian bagaimana menerapkan topik tersebut dalam bahasa yang mudah di fahami agar apa yang telah kita tuliskan tersebut bisa menarik untuk di baca oleh orang lain, ini merupakan problem terbesar para blogger saat ini (mengacu pada keadaan saya sendiri selaku pengelola blog ini).


Mengapa dikatakan Problem Terbesar? Karena apa yang kita tuliskan bukan semata-mata hanya untuk kita nikmati sendiri atau sekelompok orang melainkan agar tulisan tersebut juga bisa di nikmati oleh banyak orang (umum). Itulah jawaban simple dari problem besar yang saya maksudkan.

Apakah ada cara yang paling efektif untuk mengatasi problematika Menulis di Blog ?
Secara garis besar, teori pasti akan berbeda dengan praktek. Kadang seorang motivator ulung ketika menyampaikan metode untuk mengatasi sebuah permasalahan terasa begitu mudah, tetapi ketika kita coba menerapkannya dalam praktek di kehidupan yang nyata (real life), hal tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Oleh karena itu, berdasarkan logika yang terjadi, saya akan coba membuat sebuah opini tentang apa yang harus kita lakukan dalam menciptakan tulisan di blog di dasarkan pada perjalanan saya melanglang di dunia maya sambil me-lirik kiri dan kanan

Pertama, Jika topik yang dituliskan adalah tentang kehidupan sehari-hari, alangkah baiknya tulisan tersebut dibuat tidak terlalu rinci atau detail, karena pembaca blog bukan berasal hanya dari lingkup keluarga anda yang ingin tahu lebih rinci tentang kehidupan anda.
Kedua, jika topik yang dihadirkan adalah tentang pembelajaran melalui tips dan trick, atau tentang informasi, usahakan agar setiap kalimat yang dituliskan mudah dimengerti dan di fahami maksud dan tujuannnya. Buatlah contoh dalam bentuk gambar untuk menerapkannya.

Ingat, ini hanyalah sebatas opini saya dan sama sekali tidak mengarah ke arah tulisan yang bertujuan untuk dan agar blog lebih SEO friendly. Jadi apa yang saya tuliskan ini  sebenarnya tetap mengacu kepada satu kalimat bahwa "Teori dan Praktek pasti tidak akan 100% sama". 

Bagaimana mendapat anda ? (masukan, saran, ataupun protes dapat anda sampaikan untuk menjadi bahan pembaharuan tentang Menulis di Blog).



Popular posts from this blog

Alergi Air Hujan

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Kamus Dayak Ma'anyan