Mengapa Blog Umum Kurang Bagus di SERPs ?

Saya pernah menyimpulkan tentang memilih tema blog dalam tulisan saya di blog ini. Jika anda belum membacanya silahkan anda link pada artikel tersebut. Sekarang saya akan menjelaskan mengapa blog umum kurang bagus di SERPs

Blog dengan konten umum yang tidak dibatasi oleh title dan descriptions memang memiliki tujuan untuk mengurangi ke-vakum-an dari penulis dalam berekspresi.
Penulis akan mudah menuliskan apa saja yang ia temui atau pelajari di sekelilingnya dan kemudian menghadirkan konten tersebut di blog. Namun jika kita menilai bagaimana sebuah mesin bekerja, maka kita dapat menyimpulkan bahwa ketika sebuah mesin ingin merangkum dan mengelompokkan bagian kategori konten dalam sebuah blog, maka konten yang bersifat umum kadang sulit dirangkum karena banyaknya kategori. Di sisi lain kategori tersebut ketika di sandingkan dengan kelompok kategori dari blog atau web lain, kemungkinan besar untuk bisa menempati posisi di penelusuran mesin kurang begitu baik karena persaingan traffic, backlink dan lain sebagainya. Inilah sisi lemah sebuah blog dengan banyak kategori atau blog bersifat umum yang tidak dibatasi tema blog.

Sementara blog dengan kategori khusus yang dibatasi oleh tema (title dan descriptions) blog akan lebih baik di search engine karena kategori telah terangkum dengan baik dan ini memudahkan mesin menelusurinya. Tetapi sisi lemahnya di kalangan blogger adalah, kategori khusus seperti ini sering membuat minimnya update konten terbaru dan kadang dapat menimbulkan kejenuhan bagi author blog itu sendiri.

Inilah salah satu yang saya simpulkan tentang kedua bagian ini. Tetapi karena pada awalnya blog ini hadir dengan berbagai kategori umum yang tidak dibatasi tema, sehingga saya tetap memilih ini untuk terus dilanjutkan.

Namun bagi anda yang ingin menciptakan konten dengan kategori title dan descriptions khusus, serta ingin mendapatkan blog yang lebih baik di mata SERPs dan Audience, saran saya adalah :

  • Simpulkan Tema blog serta kemana arah dan tujuan konten anda.
  • Bangunlah blog dengan tidak hanya mengandalkan anda sendiri sebagai responden. (ajak teman-teman yang memiliki tujuan yang sama dengan menyertakan mereka sebagai admin / penulis artikel blog tersebut)
  • Ciptakan blog dan hadirkan konten menarik yang enak dibaca.

Dan apakah suatu hari nanti saya juga akan menghadirkan blog dengan konten khusus? Entahlah!,  karena saat ini saya tinggal di kampung dan memiliki teman dengan pengalaman terbatas tentang dunia blogging.


Popular posts from this blog

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Alergi Air Hujan

Cerita di Tahun 80 an