Memahami SEO dari Kata Optimization

Search Engine Optimization
Gambar SEO
Dalam dunia webmaster, saya sering bertemu dengan kata SEO. Lebih dalam lagi saya mencoba menelusuri tentang apa itu SEO, semakin banyak para penulis menyampaikan opininya tentang bagaimana mengoptimalkan web agar lebih ter-optimasi pada search engine. Jika demikian, sebagai seorang author blog yang masih belajar, beranggapan bahwa SEO ini adalah hal yang serius dalam dunia web.


Namun jika didasarkan pada sebuah logika, maka kita dapat mengambil arti dari kata Search engine Optimization yang menurut saya terdapat pada kata Optimasi. Optimasi dapat kita artikan sebagai pengoptimalan sebuah blog agar lebih mudah di telusuri baik oleh mesin pencari maupun audience / pengunjung sebuah blog.

Pengoptimalan tersebut dapat dilakukan dengan cara yang tidak fair yaitu dengan memanipulasi  system pada mesin pencari, atau dapat kita lakukan dengan cara alami yang menurut pemahaman saya adalah dengan menciptakan kecepatan, kemudahan dan kenyamanan ketika seorang pembaca menelusuri blog yang kita kelola.

Jujur saya katakan bahwa ini hanya merupakan opini saya tentang SEO, yaitu dengan mengandalkan kata atau kalimat terakhir dari singkatan ini. Untuk seorang webmaster mungkin saja tertawa ketika membaca tulisan ini, tetapi bagi saya satu kalimat memiliki arti yang penting (seperti kata guru bahasa Indonesia saya dulu). 

Tetapi yang terpenting dari hanya membahas sebuah ilmu SEO adalah bagaimana memahami maksud dan tujuan hadirnya sebuah weblog, karena tidak ada pemahaman lain dari hadirnya sebuah weblog selain hanya digunakan sebagai sarana menyampaikan maksud dan tujuan dari seseorang kepada orang lain melalui tulisan yang akrab kita sebut dengan konten atau artikel. Itulah tujuan utama yang perlu kita lakukan. 

Hadirkan konten yang menarik, bangun kepercayaan pembaca agar ketika para audience hadir dan membaca tulisan yang kita sampaikan, maka ada respon positif yang kita dapatkan. Ketika bagian ini dapat kita lakukan dengan baik, maka saya yakin tanpa perlu belajar memahami bagaimana ilmu SEO, segalanya akan menjadi sebuah SEO friendly.




Popular Posts