Memahami SEO dari Kata Optimization

Search Engine Optimization
Gambar SEO
Dalam dunia webmaster, saya sering bertemu dengan kata SEO. Lebih dalam lagi saya mencoba menelusuri tentang apa itu SEO, semakin banyak para penulis menyampaikan opininya tentang bagaimana mengoptimalkan web agar lebih ter-optimasi pada search engine. Jika demikian, sebagai seorang author blog yang masih belajar, beranggapan bahwa SEO ini adalah hal yang serius dalam dunia web.


Namun jika didasarkan pada sebuah logika, maka kita dapat mengambil arti dari kata Search engine Optimization yang menurut saya terdapat pada kata Optimasi. Optimasi dapat kita artikan sebagai pengoptimalan sebuah blog agar lebih mudah di telusuri baik oleh mesin pencari maupun audience / pengunjung sebuah blog.

Pengoptimalan tersebut dapat dilakukan dengan cara yang tidak fair yaitu dengan memanipulasi  system pada mesin pencari, atau dapat kita lakukan dengan cara alami yang menurut pemahaman saya adalah dengan menciptakan kecepatan, kemudahan dan kenyamanan ketika seorang pembaca menelusuri blog yang kita kelola.

Jujur saya katakan bahwa ini hanya merupakan opini saya tentang SEO, yaitu dengan mengandalkan kata atau kalimat terakhir dari singkatan ini. Untuk seorang webmaster mungkin saja tertawa ketika membaca tulisan ini, tetapi bagi saya satu kalimat memiliki arti yang penting (seperti kata guru bahasa Indonesia saya dulu). 

Tetapi yang terpenting dari hanya membahas sebuah ilmu SEO adalah bagaimana memahami maksud dan tujuan hadirnya sebuah weblog, karena tidak ada pemahaman lain dari hadirnya sebuah weblog selain hanya digunakan sebagai sarana menyampaikan maksud dan tujuan dari seseorang kepada orang lain melalui tulisan yang akrab kita sebut dengan konten atau artikel. Itulah tujuan utama yang perlu kita lakukan. 

Hadirkan konten yang menarik, bangun kepercayaan pembaca agar ketika para audience hadir dan membaca tulisan yang kita sampaikan, maka ada respon positif yang kita dapatkan. Ketika bagian ini dapat kita lakukan dengan baik, maka saya yakin tanpa perlu belajar memahami bagaimana ilmu SEO, segalanya akan menjadi sebuah SEO friendly.




14 Komentar

  1. Saya juga pernah baca bung. Katanya google sekarang tidak mepedulikan lagi apa itu seo. Google lebih mengedepankan konten. Meskipun seo skornya 100% sekalipun.
    Tapi lupa baca nya dimana. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting maksud dan tujuannya sama sob!

      Hapus
    2. tujuannya meningkatkan traffict kali ya .. hehe. saya sepakat dengan mas yuyud, mungkin saja google mula sadar dengan banyaknya duplikasi konten bang... jadi kebijakannya lebih bagus. itu sih menurut saya

      Hapus
    3. sepakat kawan. tetapi bukan harus meninggalkan SEO sepenuhnya. tentang ilmu SEO kita juga harus pelajari penerapannya. istinya menyeimbangkan antara konten dan teknik SEO begitu kira2!

      Hapus
    4. Saya sudah mencoba menerapkan teknik SEO didalam postingan blog beberapa bulan yang lalu. Agak melelahkan sekali karena banyak yang harus ditautkan sana sini. Teknis huruf dan jenis huruf juga berperan. Pusinnggg rasanya hiheiheiee. Tapi seru juga nih seruuh juga ya belajar SEO.

      Hapus
    5. betul Kang..malah kadang2 akibatnya bikin pusing sendiri.

      Hapus
  2. Setuju
    netter sebagian besar mencari kebutuhan
    dari hasil browsing akan mendapatkan tulisan kita
    bagaimana caranya agar visitor asyik membaca dan menikmati tulisan atau informasi yg kita berikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar Kang. yang terpenting setiap tulisan yang kita hadirkan di minati oleh pembacanya. now matter what! hehehe

      Hapus
  3. wah aku mumet kalo dah nemu kata seo
    ga ngerti sama sekali, hehe

    BalasHapus
  4. setuju, jangan terlau fokus ma SEOnya, bangun artikel menarik dan hargai pengunjung. bukan begitu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang seperti itu permintaan mbah google buat para blogger

      Hapus
  5. Mampir lagi bung. . . . .

    BalasHapus
  6. dulu saya sempat memikirkan seo sobat. semenjak saya tidak punya komputer, saya sudah tidak bisa utak atik blog, jadi sudah tidak bisa memikirkan seo lagi sekarng.

    sekarang tinggal jalani saja apa yang ada dan selalu update yang saya ketahui saja... heheheheheh

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama