Langsung ke konten utama

Enam Hal yang perlu di hindari dalam menerapkan Blog

Setiap sajian konten yang kita share dalam blog yang kita kelola selalu merujuk kepada satu keinginan agar dapat menjadi bahan bacaan yang menarik bagi para pengunjungnya. Ketika tulisan yang diuraikan kata demi kata kita hadirkan, maka semuanya difungsikan untuk menarik pengunjung untuk terus membacanya.

Ini merupakan bagian dari kepuasan tersendiri bagi penulis artikel tersebut. Kepuasan karena dengan dibacanya setiap artikel yang disajikan, maka keinginan untuk terus menulis di blog semakin tinggi. 

Menurut nalar saya bahwa setiap tulisan yang kita hadirkan harus diimbangi dengan pemahaman bahwa konten tersebut bukan hanya ditujukan kepada para pengunjung tetap (blogwalker), tetapi pengguna internet secara umum juga perlu kita jaring. Itulah mengapa kita dituntut untuk terus mengejar target guna menjadikan blog menempati urutan pertama di mesin pencari.


Dan berikut logika mengenai rangkuman singkat tentang apa yang perlu kita lakukan agar blog yang kita kelola lebih mudah di akses oleh pengguna internet :

  1. Waktu proses loading. Semakin cepat waktu loading dalam menampilkan blog, maka tercipta sebuah kemudahan akses. Karena beban yang besar akan membuat blog kita ditinggalkan oleh para pembaca. Di sisi lain bahwa pembaca juga tidak hanya mengandalkan komputer untuk mengakses blog, tetapi bisa menggunakan ponsel dengan koneksi yang sangat lambat.
  2. Hindari Tampilan Flash berlebihan. Tampilan dengan fitur flash memang terlihat sangat elegan dan lebih canggih. Tetapi mesin pencari juga tidak mudah mengindeksnya. Dan pembaca juga harus melakukan download fitur-fitur perangkat lunak untuk dapat melihat tampilan flash.
  3. Navigasi. Penjelasan mengenai navigasi ini sering saya sampaikan karena didasarkan atas pengalaman saya mendapatkan account adsense. Anda dapat membacanya kembali di label tentang adsense pada blog ini.
  4. Kolom pop up. Saya sering menemukan dalam sebuah blog memiliki pop up yang lebih dari satu. Ini seringkali mengganggu para pembaca blog. Cobalah untuk menghindari banyaknya tampilan ini agar blog lebih mudah diakses pembaca.
  5. Musik Otomatis. Dalam benak saya tiba-tiba hadir poin kelima ini tentang tampilan musik secara otomatis di beberapa blog sahabat. Saya kebetulan sangat menyukai musik tersebut dan ingin sekali memasang auto music tersebut pada blog ini, tetapi saya akhirnya urungkan karena logika saya bahwa mungkin saja ada beberapa pengunjung blog tidak menyukai musik tersebut. dan pada saat pengunjung membuka blog saya, mungkin saja ia sambil mendengarkan lagu di komputer pribadi miliknya. Hal ini bisa mengganggu pengunjung tersebut. (maaf untuk teman blogger yang menggunakan auto musik, karena ini hanya sebatas opini saja ya!!)
  6. Halaman Blog Yang Super Sibuk.  Di dasarkan pada pengalaman pertama membuat blog ini, saya sangat menginginkan agar blog saya terlihat sangat sibuk dengan berbagai macam tampilan. Bentuk semacam ini awalnya menurut saya agar terlihat lebih profesional dengan banyak pilihan, tetapi jika dikaitkan dengan pembaca blog, maka sebenarnya kesibukan yang kita tampilkan tersebut justru akan menjadi kebingungan tersendiri. Hal ini akhirnya bisa menjadi bumerang bagi pemilik blog, karena si pengunjung tidak memperoleh kenyamanan dalam mengakses blog kita.
Itulah beberapa opini saya tentang bagaimana agar blog kita tidak ditinggalkan oleh pembaca, tetapi justru mendatangkan pembaca yang lebih banyak untuk menikmati tulisan-tulisan yang kita sampaikan.

Menurut pandangan anda bagaimana? 


Postingan populer dari blog ini

Calon Isteri dari Suku Dayak Maanyan? Baca Sekilas Tentang Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan

Dalam prosesi pernikahan menurut adat suku dayak maanyan selalu dilalui dengan acara pemenuhan hukum adat. Ketentuan ini telah diatur berdasarkan adat istiadat yang berlaku dalam suku dayak secara khusus suku dayak maanyan. Akan tetapi jangan dipersepsikan bahwa hukum adat tersebut merupakan pernikahan atau perkawinan secara adat. 

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an