Enam Hal yang perlu di hindari dalam menerapkan Blog

Setiap sajian konten yang kita share dalam blog yang kita kelola selalu merujuk kepada satu keinginan agar dapat menjadi bahan bacaan yang menarik bagi para pengunjungnya. Ketika tulisan yang diuraikan kata demi kata kita hadirkan, maka semuanya difungsikan untuk menarik pengunjung untuk terus membacanya.

Ini merupakan bagian dari kepuasan tersendiri bagi penulis artikel tersebut. Kepuasan karena dengan dibacanya setiap artikel yang disajikan, maka keinginan untuk terus menulis di blog semakin tinggi. 

Menurut nalar saya bahwa setiap tulisan yang kita hadirkan harus diimbangi dengan pemahaman bahwa konten tersebut bukan hanya ditujukan kepada para pengunjung tetap (blogwalker), tetapi pengguna internet secara umum juga perlu kita jaring. Itulah mengapa kita dituntut untuk terus mengejar target guna menjadikan blog menempati urutan pertama di mesin pencari.


Dan berikut logika mengenai rangkuman singkat tentang apa yang perlu kita lakukan agar blog yang kita kelola lebih mudah di akses oleh pengguna internet :

  1. Waktu proses loading. Semakin cepat waktu loading dalam menampilkan blog, maka tercipta sebuah kemudahan akses. Karena beban yang besar akan membuat blog kita ditinggalkan oleh para pembaca. Di sisi lain bahwa pembaca juga tidak hanya mengandalkan komputer untuk mengakses blog, tetapi bisa menggunakan ponsel dengan koneksi yang sangat lambat.
  2. Hindari Tampilan Flash berlebihan. Tampilan dengan fitur flash memang terlihat sangat elegan dan lebih canggih. Tetapi mesin pencari juga tidak mudah mengindeksnya. Dan pembaca juga harus melakukan download fitur-fitur perangkat lunak untuk dapat melihat tampilan flash.
  3. Navigasi. Penjelasan mengenai navigasi ini sering saya sampaikan karena didasarkan atas pengalaman saya mendapatkan account adsense. Anda dapat membacanya kembali di label tentang adsense pada blog ini.
  4. Kolom pop up. Saya sering menemukan dalam sebuah blog memiliki pop up yang lebih dari satu. Ini seringkali mengganggu para pembaca blog. Cobalah untuk menghindari banyaknya tampilan ini agar blog lebih mudah diakses pembaca.
  5. Musik Otomatis. Dalam benak saya tiba-tiba hadir poin kelima ini tentang tampilan musik secara otomatis di beberapa blog sahabat. Saya kebetulan sangat menyukai musik tersebut dan ingin sekali memasang auto music tersebut pada blog ini, tetapi saya akhirnya urungkan karena logika saya bahwa mungkin saja ada beberapa pengunjung blog tidak menyukai musik tersebut. dan pada saat pengunjung membuka blog saya, mungkin saja ia sambil mendengarkan lagu di komputer pribadi miliknya. Hal ini bisa mengganggu pengunjung tersebut. (maaf untuk teman blogger yang menggunakan auto musik, karena ini hanya sebatas opini saja ya!!)
  6. Halaman Blog Yang Super Sibuk.  Di dasarkan pada pengalaman pertama membuat blog ini, saya sangat menginginkan agar blog saya terlihat sangat sibuk dengan berbagai macam tampilan. Bentuk semacam ini awalnya menurut saya agar terlihat lebih profesional dengan banyak pilihan, tetapi jika dikaitkan dengan pembaca blog, maka sebenarnya kesibukan yang kita tampilkan tersebut justru akan menjadi kebingungan tersendiri. Hal ini akhirnya bisa menjadi bumerang bagi pemilik blog, karena si pengunjung tidak memperoleh kenyamanan dalam mengakses blog kita.
Itulah beberapa opini saya tentang bagaimana agar blog kita tidak ditinggalkan oleh pembaca, tetapi justru mendatangkan pembaca yang lebih banyak untuk menikmati tulisan-tulisan yang kita sampaikan.

Menurut pandangan anda bagaimana? 


24 Komentar

  1. Wah Gagal Pertamax lagi. Saya sangat tertarik dengan poin 5 yakni musik otomatis. Saya kira banyak blog yang sudah memasang suara musik sebagai bekgrond di blognya. Ini sebenarnya pilihan saja karena toh itu wilayah area sang Admin yang punya kuasa penuh pada blognya.

    Tapi kan para pengunjung blog akan merasa "terganggu" dengan suara musik yang keras sebagai bekgrond blognya. Saya sering menemui blog ini. Namun demikian saya suka juga karena lagu musiknya memang asyik dan indah.

    Saya ambil jalan tengah saja. Saya kecilkan suara Speaker saya, dan atau di MUTE dahulu saat saya membaca artikel atau postingannya. Lalu kasih komentar. Begitu urusan selesai baru deh SUARA diaktifkan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. logika saya karena type dari masing2 pengunjung pasti berbeda kang. btw, komentar ini saya anggap merupakan masukan buat para pembaca blog yang kebetulan bertamu ke blog yang memiliki background music! thank buat sarannya

      Hapus
  2. betul banget tu kang apalagi musik nya yang dibenci oleh para readers blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak taulah kalo kategori di benci itu gimana, tapi kalo kurang suka atau kurang kenal dg auto musik yg kita pasang bisa vital juga bagi kita sebagai author blog.

      Hapus
  3. Wah, jadi kesindir nich. Hehehe.
    Bener juga sih, kalo ada yg benci adele pasti langsung ditutup blog ku. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh tidak bagi saya. Saya suka Adele. Someone like youuuuuuuuuuuuuuuuu. Istri saya malah memakai ring tone lagu Adele. Ini bukti lagu Adele juga masih banyak peminatnya. Seperti kami sekeluarga di Pontianak

      Hapus
    2. kalo benci dengan lagu sih mungkin gak juga, tetapi mungkin kurang menyukai. tapi kalo saya jujur deh memang suka lagu adele ini sob! makanya rencana pengen juga pasang auto music, tetapi takutnya ada yg gak suka lalu pergi dari blog saya. hehehe..

      Hapus
    3. Alasan ini sepertinya lebih masuk akal sob, karena saya juga kadang mengalaminya...
      "mungkin saja ia sambil mendengarkan lagu di komputer pribadi miliknya. Hal ini bisa mengganggu pengunjung tersebut."

      Hapus
  4. Balasan
    1. Kontesnya mantap juga kawan. bisa ikutan nih, tapi ntar lagi cari bahan dulu!

      Hapus
  5. klu menurut saya point 2 dan 4 itu ,,sengaja dibikin bgtu krn yg punya blog ingin punya banyak penghasilan nya..
    mknya ditampilin banyak2.. makin banyak pasang makin banyak masuk $$

    http://goo.gl/Pbc8n

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari sisi input berupa budget mungkin saja.

      Hapus
  6. saya mau nyoba pake lagu otomatis gan, mungkin ringan :)

    BalasHapus
  7. saya juga sempet keganggu mas kalo berkunjung ke blog yang pake auto music, soalnya lagi dengerin musik dari kompi jadi pengen close langsung aja tuh blog. makasih pencerahannya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pernah terkejut (bukan terganggu) pas lagi denger lagi dari Mr. Big tiba2 adalah lagu lain yg kedengaran. ternyata dari sebuah blog yang saya kunjungi.

      Hapus
  8. Hi there, i read your blog from time to time
    and i own a similar one and i was just curious if you get a lot
    of spam responses? If so how do you protect against it, any plugin
    or anything you can advise? I get so much lately it's driving me crazy so any assistance is very much appreciated.
    My page :: pics of skin tags

    BalasHapus
    Balasan
    1. first, thank for your attention. to protect my blog from spam comment, you can read again my content about "good news to protect from spamming (Berita Bagus mengatasi tindakan spamming)", or you can report all about spam comment to https://www.google.com/webmasters/tools/spamreportform?hl

      Hapus
  9. musik gan, itu yang paling memberatkan sekaligus mengagetkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...! tapi kadang mengasyikan juga!

      Hapus
  10. Wah seperti nya bloading blog saya juga berat
    trims atas ulasannya, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  11. Wahh jadi nambah info apalagi saya masih newbie nihhh hehehe.

    BalasHapus
  12. membantu sekali ne tipsnya, thank'z...

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama