Cara mengetahui jenis artikel blog yang paling diminati pengunjung

Kemarin lalu lintas blog ini naik, tetapi setelah satu atau dua hari kemudian, lalu lintas blog tiba-tiba turun dan setelah tujuh hari lagi mendadak naik, dimana letak masalahnya ?

Saya yakin semua pemilik blog menginginkan lalu lintas blognya semakin hari semakin baik atau paling tidak konstant. Dan ketika anda bertanya mengapa lalu lintas blog bisa terjadi seperti masalah diatas, maka ada satu alasan yang menurut saya mungkin benar. 

Mengapa saya katakan mungkin? karena masing-masing penulis memiliki persepsi yang berbeda dalam memahami satu topik yang sama. Kalau boleh saya katakan ini seperti menjawab sebuah tebak-tebakan menggunakan logika masing-masing penulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuannya.

Kembali mengenai letak masalah naik turunnya lalu lintas blog. Beberapa bulan lalu saya pernah menuliskan tentang analisa tingkat minat audience terhadap topik artikel yang kita muat di blog di artikel saya berjudul Apakah artikel kita di sukai pengunjung. Tetapi hari ini saya akan informasikan tentang artikel apa yang paling di minati pengunjung blog.

Alasan terbesar menurut logika saya mengapa kadang-kadang lalu lintas blog sering naik atau turun terletak pada Nilai artikel yang kita sajikan. Ketika anda menuliskan artikel tentang A pada hari ini, tanpa anda sadari lalu lintas blog akan naik, tetapi setelah beberapa hari kemudian anda menuliskan artikel tentang B, lalu lintas blog cenderung turun dan kembali lagi anda menuliskan artikel tentang A satu minggu kemudian, lalu lintas blog naik kembali.

Artinya artikel A memiliki tingkat permintaan yang tinggi dari audience blog anda. Sehingga yang perlu kita lakukan adalah terus menerus menulis lebih jauh tentang artikel A agar traffic blog menjadi semakin baik. 

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana mengetahui artikel mana yang memiliki tingkat permintaan tinggi dari audience anda? Cara yang paling sering saya sampaikan adalah dengan menggunakan bantuan alat analisa Webmaster Tools Google. Dengan alat ini kita dapat menganalisa halaman dan artikel apa yang paling banyak di minati audience anda.

Berikut ini adalah cara singkat bagaimana mengetahuinya dan sangat mudah untuk di fahami.
Sorot bagian Traffic dan klik  Search Queries
buat filter untuk Top Queries dan Top Page anda untuk mendapatkan artikel dengan permintaan halaman dan tayangan tertinggi.

Ketika anda sudah mendapatkan gambarannya, maka pusatkan perhatian untuk menuliskan tentang artikel yang paling banyak diminati audience blog anda.





Popular posts from this blog

Alergi Air Hujan

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Kamus Dayak Ma'anyan