Blogger Style - War of Content

Time to write again. Ketinggian air akhirnya mulai menurun walaupun tidak terlalu drastis tetapi sudah di kategorikan dalam posisi aman. Luapan air sungai di sekitar rumah sudah tidak lagi mengganggu aktivitas warga kampung. Tetapi sudahlah, saya tidak ingin terlalu banyak menulis hal yang bikin stress. Sekarang saatnya kembali beraktivitas di dunia blogging dengan di mulai kata " Maaf "karena beberapa hari yang lalu  saya tidak dapat hadir dan membaca artikel kawan-kawan blogger sekalian.

Dan sebagai awal kembalinya saya ke dunia blogging pasca banjir, kali ini saya akan membagikan opini tentang apa sebenarnya yang kita perlukan untuk bersaing dalam mengembangkan tulisan yang baik, menarik, informatif dan bermanfaat di blog yang kita kelola. 

Mari kita buat sebuah logika agar mudah di fahami.
Pada saat belajar di sekolah, anda memiliki dua orang guru matematika. Guru matematika berinisial A mengajarkan anda tentang rumus matematika dengan metode yang sangat sulit untuk anda serap, sementara guru matematika berinisial B juga mengajarkan rumus matematika yang sama dengan yang diberikan oleh guru A, tetapi dalam metode dan proses penyampaiannya terasa lebih mudah untuk anda pahami. Ini berarti bahwa kedua guru matematika anda memiliki basic atau keahlian yang sama yaitu mengajar matematika, akan tetapi dalam proses penerapannya, metode yang dilakukan guru A terasa sangat sulit dicerna oleh otak anda. sementara penyampaian yang dilakukan oleh guru B terasa begitu mudah anda pahami. 

Dari logika diatas dapat dipetik kesimpulan bahwa ketika anda menerapkan konten yang memiliki tujuan yang sama dengan blog lain, maka yang perlu anda lakukan adalah bagaimana menerapkan cara penyampaiannya agar bisa seperti yang dilakukan oleh Guru B. Dengan menerapkan cara seperti ini akan berpengaruh dalam meningkatkan jumlah pengguna / pembaca internet yang mengakses blog anda secara kontinyu, karena yang anda jual adalah sebuah solusi / metode penerapan agar lebih mudah untuk di pahami.

Sekarang ketika anda sudah menetapkan tema blog anda, selanjutnya jangan ragu untuk menerapkan metode penerapannya sesuai dengan gaya (style) bahasa yang sendiri. Dan anda tinggal menunggu tanggapan dari pembaca konten blog anda. Jika menurut pembaca artikel anda merasa lebih mudah memahami konsep yang anda sampaikan, maka persaingan konten dengan penulis atau author blog lain yang memiliki visi dan misi blog yang sama akan terjadi.

Tentukan Tema blog anda sekarang, pasang target kata sebagai frase kata kunci yang relevan dengan konten yang anda buat, selanjutnya ciptakan persaingan dalam hal penyampaian  dan penerapan metode "agar menjadi mudah di pahami" oleh pengguna.

Perlu diingat bahwa saat ini jangan terlalu mengandalkan kepadatan kata kunci di setiap konten yang anda tuliskan karena isi konten sudah bisa dengan sendirinya di optimalkan oleh mesin pencari..



Komentar

agusbg mengatakan…
bener juga ya om, dengan kita menjabarkan lebih mudah maka pengunjung yang membaca apa yang kita tulis cepat menangkap...terima kasih om tipsnya...
stupid monkey mengatakan…
Yoi sob... tp masalahnya ane sendiri tetep kebingungan mo fasilitasin apa buat pengunjung, ya untuk saat ini, biarlah pengunjung membawa sendiri teh manis dan cemilan mereka untuk ditinggalin di blog ane ... Wew, nyambung gak seh ne komen ... #garukyanglaen
Yuyud mengatakan…
Setuju bung. Harus dijelaskan sedetail mungkin sampai pengunjung paham. Kesel juga kadang ada postingan yg isinya keyword semua. .
Una mengatakan…
Ahahaha kalo blogku gak bertema,
jadi au deh kata kunci utamanya apaan :D
Noe mengatakan…
ini hanya sebatas opini dan logika kawan. karna dari A sampai Z semua ada di dunia maya ini.
Noe mengatakan…
perlu digaris bawahi MON (weess..!!), konten berkualitas belum tentu sifatnya seperti pelajaran, tips,info, dsb. konten lucu, unik, menarik, itu juga berkualitas untuk yg haus akan hiburan, penghilang penat,dsb.
Noe mengatakan…
yg jadi pembedanya adalah nilai posisi di search engine ketika pengguna mencari kata kunci tsb. makanya persaingan hasil penjelasan kata kunci harus lebih baik agar pengunjung percaya kepada kita. begitu kira2..hehehe!
Noe mengatakan…
Pengen tau???... liat di webmaster! hehehe
Unknown mengatakan…
wah mantap sobat, tulisan sobat memang banyak yang bermanfaat buat kita semua para blogger.

saya adalah salah satu blogger yang belum bisa membuat tulisan yang menarik sobat.

jadi sampai saat ini saya cuma bisa nulis apa adanya saja. makanya saya selalu kalah bersaing. hehehehe
stupid monkey mengatakan…
wah, untung gw juga lg bawa penggarisan neh, hehehe
Noorma Fitriana M. Zain mengatakan…
salam kenal, au dikenalin stupiud monkey.. hehehe
kamal mengatakan…
iya setuju tentang blog itu harus mudah dipahami oleh pembacanya. saya beberapa kali blogwalking ke blog seseorang, tapi saya nggak ngerti apa yg ditulisnya. akhirnya saya tidak tertarik lagi untuk mengunjunginya.

sebaliknya pernah juga kesasar ke blog orang. tulisannya renyah dan enak dibaca. maka saya pun jadi rajin berkunjung juga. yang saya rasakan, tulisan yang enak dibaca, biasanya kalimatnya pendek2.
cak oni mengatakan…
terakadang konten yang kita sediakan kang kadang kurang dimengerti oleh pembaca oleh karena itu kita jelaskan sedatailnya dan mudah dicerna :D

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ma'anyan