Subscriber (Reader Blog)

Blog merupakan media canggih untuk mengekspresikan diri kita dalam forum publik. Kita diberi kesempatan untuk saling berhubungan dengan individu yang berbeda-beda melalui media ini. Memuat berbagai tulisan secara continue akan memungkinkan kita mendapatkan pengguna / pengunjung setia yang selalu menantikan topik tulisan yang kita.

Selain pengunjung blog yang berbeda-beda hadir di blog, kita juga memiliki pembaca atau biasa disebut reader / subscriber. Reader merupakan jumlah individu yang berlangganan artikel yang kita sajikan via feed. Untuk lebih jelasnya mengenai Subscriber dapat dibaca di What is a Subscriber


Perlu kita ketahui bahwa pembaca blog adalah bagian penting yang perlu kita kelola dan tingkatkan. Karena itu diperlukan pengembangan konten blog dari waktu ke waktu. Konten yang bagaimana yang perlu ditingkatkan sebenarnya dapat di tebak dari proses perhitungan feed dan lalu lintas atau statistik blog. Ketika terjadi penurunan drastis, maka author blog perlu melakukan perubahan. Demikian sebaliknya jika terjadi peningkatan, maka diperlukan pengembangan yang tetap pada topik yang kita sajikan.

Kehati-hatian juga menjadi bagian penting dalam penerapan tulisan agar pembaca dan pengunjung blog dapat secara teratur mengunjungi blog yang kita kelola. Intinya adalah : Buatlah pembaca dapat menikmati tulisan yang anda buat, tetaplah fokus pada tulisan yang anda sajikan jika hal tersebut dapat meningkatkan minat dan jumlah pembaca blog, dan buatlah dengan jelas setiap maksud dari tulisan anda sehingga pembaca dengan mudah memahami akan apa yang anda ingin sampaikan.

Tetap semangat dan selamat berkarya untuk kawan-kawan blogger sebangsa dan setanah air!
Salam Blogger


2 Komentar

  1. kalo yang mempertahankannya readernya itu kang ussah#smile

    BalasHapus
  2. ehm.. gitu ya. itu bukan pengunjung ya.? pantesan ko ada yang sampe 20000 ribu ketika ane liat, banyak amat? ternyata itu langganan toh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama