Sisi Audience sebagai Patokan Desain Blog

Desain blog merupakan bagian dari privasi seorang author blog. Walaupun demikian, kita juga perlu memperhatikan sisi dari audience (pengguna atau pengunjung blog). Karena jika tidak diperhatikan, maka dapat menurunkan kunjungan terhadap blog.

Contoh dalam permainan sepak bola. Sebuah pertandingan yang dimainkan tanpa di saksikan oleh para penonton akan mengurangi semangat para pemain dalam bermain bola. Lionel Messi, Christiano Ronaldo, Wayne Rooney dan pemain bola lain tidak akan pernah ngetop seperti saat ini tanpa adanya penonton.
Begitu halnya dengan blog. Tanpa adanya audience, blog tidak akan berkembang dengan baik. Inilah bagian yang menjadi perhatian untuk meningkatkan performa blog baik di search engine maupun audience blog itu sendiri.

Desain blog merupakan bagian penting dalam menerapkan kenyamanan bagi audience. Audience yang merasa nyaman dan diberikan kemudahan dalam mengakses setiap bagian blog kita, dapat menjadikan blog tersebut sebagai media yang di sukai, di senangi dan terus menerus di kunjungi. Inilah sisi baik yang harapkan. Karena itu kita perlu mengetahui informasi yang digunakan audience saat mengunjungi blog kita. Karena dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat melakukan desain blog sebaik mungkin agar terciptanya kemudahan dalam mengakses blog yang kita miliki.

Berikut bagian-bagian dalam Google Analystic yang akan memberikan gambaran kepada kita tentang sisi audience.
bung penho

bung penho

Bagian ini memberikan jumlah dalam angka tentang persentase kunjungan dengan menggunakan beberapa operating system, service provider, browser dan lain sebagainya. 
Bagian-bagian inilah yang nantinya menjadikan patokan kita dalam melakukan desain blog, karena kita tahu bahwa provider yang berbeda, memiliki tingkat kecepatan yang berbeda pula.

Komentar

A. Y. Indrayana mengatakan…
kalau blogku udah banyak pengunjung, alexa rank juga udah naik cukup signifikan tapi kok ranking belum muncul dari angka 0-10 yaa kang .. ?

*tanyakenapa* :D
Yuyud mengatakan…
Yang penting blognya nggak berat. . Masalah jadul (kaya' blog ku) nggak apa2. :D
cerita anak kost mengatakan…
waduh ane ga pernah perhatiin tu si analytic, soalnya kebanyakan tools, jadinya bikin bingung. hehehe
masnady mengatakan…
wah bener sobat..? saya juga sering hampir mls ngeblog karena sepinya pengunjung...? pengunjung yang saya maksud adalah pengunjung dari masyarakat. bukan dari sobat blogger...

tapi kadang rasa kangen kepada sobat blogger termasuk sobat bung peno yang membuat saya jadi semangat ngeblog lagi....
Bung Penho mengatakan…
alogaritma google memang sulit ditebak kawan dan sulit diuraikan. namun yg jelas, pagerank google tidak tergantung dari alexa rank. kunjungan ke site (trafic) pun belum tentu mengubah pagerank di Serps.
Bung Penho mengatakan…
betul yud. proses loading itu yg paling ditekankan.
Bung Penho mengatakan…
menurut saya elo bukan bingung soal tool, tapi bingung nyari duit buat bayar kost hehehhe..
Bung Penho mengatakan…
hehehe..bisa aza nih. yang jelas sebagian besar kunjungan dari masyarakat (audience) umum kurang terlihat di blog sobat. coba aza check di analystic google. disitu lebih lengkap infonya.
BlogS of Hariyanto mengatakan…
info yang menarik, tapi yang paling penting adalah keep happy blooging always...tanpa itu maka blog akan mati suri :-)
Yuyud mengatakan…
Mampir lagi bung
Thanjawa arif mengatakan…
wawasan bung penho tentang dunia perblogeran semakin mantab ini, kalau menurut saya jika ingin banyak dikunjungi ya harus banyak mengunjungi ya bang
Bung Penho mengatakan…
kalo itu sudah menjadi intinya sob! hehehe..
Bung Penho mengatakan…
disatu sisi teknik membangun dengan cara saling mengunjungi merupakan bagian poin penting. tetapi tidak menjadi nomor satu juga sih!
Asep Haryono mengatakan…
Kalaw desain BLOG saya suka yang sekarang saya install dengan format 3 kolom, dengan tengah sebagai isi dari postingan. Format yang saya punya memang agak kaku dan terkesan serius (formal), tapi saya rasa saya sudah nyaman dengan yang sekarang ini