Seputar Link Blog dan Pengaruhnya Terhadap Blog

Seputar Link Blog, demikian judul artikel kali ini. Bahasan yang dimuat dalam artikel kali ini adalah tentang bagaimana menjaga agar homepage aman dari link bermasalah, lebih support adsense dan di percaya oleh pengguna non blogger.

Kesimpulan ini saya buat dari penjelasan saat mengunjungi beberapa alat analisa web online di internet. Diantara beberapa analis web yang saya gunakan untuk menganalisa blog, memberi penjelasan hasil analisa yang hampir 90 persen dijawab sama untuk satu point. Point di maksud adalah tentang link pada Halaman / page blog yang kita miliki. 

Berikut kesimpulan yang bisa menjadi referensi para blogger.

Home Page atau halaman utama blog adalah daerah paling penting yang perlu diperhatikan. Yang perlu diketahui adalah tentang penerapan link di home page atau halaman utama blog. Menerapkan link di home page yang paling baik adalah dengan menempatkan internal link bukan eksternal link. Dahulu, memasang link eksternal contohnya seperti tukar link untuk ditempatkan di blog guna mempromosikan blog para blogger lain (blog sahabat) adalah cara yang baik dalam memperkenalkan blog. Tetapi saat ini semuanya berbeda, karena eksternal link yang dipasang kadang hanya sekedar untuk memperkenalkan blog sahabat saja, bukan merujuk pada konten yang sama dengan artikel atau tema blog yang kita buat. Hal ini sedikit perlu di hindari jika menginginkan blog yang belum memiliki adsense lebih support terhadap program periklanan tersebut.

Namun perlu diketahui bahwa maksud tersebut adalah bukan tidak boleh memasang eksternal link di homepage, tetapi kadar eksternal link yang ditempatkan tersebut jangan terlalu di dominasi atau sama dengan kapasitas link internal, karena dapat berdampak pada terganggu  proses loading blog di sebagian search engine dan SEO.

Hal lain yang berdampak negatif dari eksternal link adalah lahirnya Broken link. Apabila ada link eksternal yang bermasalah pada blog atau situs lain, biasanya dapat berdampak pada menurunkan kesehatan situs atau blog yang kita miliki. Ini juga dapat berdampak pada tingkat kepercayaan pengguna non blogger yang berkunjung ke blog.

Bagaimana Mengatasi Masalah Link tersebut ?

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya gunakan halaman / page baru (new page) khusus untuk link eksternal yang dapat dibuat dengan tombol rujukan pada halaman tersebut di home page.

Terlepas dari maksud diatas, sebenarnya ini khusus di prioritas-kan untuk memberikan keamanan dan kepercayaan lebih bagi pengguna atau pengunjung blog non blogger yang berkunjung ke blog kita serta meminimalisasi broken link yang tidak di sukai oleh adsense.
Sedangkan bagaimana hasilnya terhadap google page rank blog dan backlink blog? kalkulasi penilaiannya kurang saya ketahui dan kemungkinan besar bisa saja berbeda.


11 Komentar

  1. Wah makasih nech penjelasannya sob. Saya juga pernah baca penjelasan yang serupa di beberapa blog sahabat.

    Namun saya agak tidak enak hati untuk memindahkan link blog sahabat termasuk link sobat yang ada di bloglist ke halaman lain.

    Saya jadi serba tidak enak hati sendiri. Jadi yaudahlah yang penting tetep bisa ngeblog bareng sobat. Dan sobat blogger lainya.?

    BalasHapus
  2. Wah makasih nech penjelasannya sob. Saya juga pernah baca penjelasan yang serupa di beberapa blog sahabat.

    Namun saya agak tidak enak hati untuk memindahkan link blog sahabat termasuk link sobat yang ada di bloglist ke halaman lain.

    Saya jadi serba tidak enak hati sendiri. Jadi yaudahlah yang penting tetep bisa ngeblog bareng sobat. Dan sobat blogger lainya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyinggung soal Adsense yah. Wah earning saya di bulan ini masih terpuruk jauh dari threshold, dan sampai sekarang masih belum kekejar, Hiks sungguh prestasi yang buruk sekali.

      Hapus
    2. hehhe..jangan tanya juga kalo soal earning saya kang, masih dikit banget!

      Hapus
  3. aku jarang menggunakan link blog sahabat bung .. :(


    mengandalkan BW :D

    BalasHapus
  4. Iya bung. Tempat tukar link saya pindah juga karena alasan tsb.

    BalasHapus
  5. intinya boleh dan sah-saha saja memasang eksternal link pada halaman home, cuma harus sebanding dengan link yang masuk ke blog kita, kalau tidak seimbang, susah untuk mendaptkan PR dari google, kayak blog saya. tapi gak apa-apa pada akhirnya saya berpikir, gak masalah tidak mendapatkan PR yang penting dapet duit. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo jurusnya pake prinsip ekonomi, gue setuju ajah hehehehe..!

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama