Desain Blog

Kalau kita baca di beberapa referensi, sebuah website profesional biasanya dalam merancang desain situs  meminta bantuan dari ahli desain web dengan mengeluarkan biaya yang kadang tidaklah sedikit. Ini artinya bahwa desain merupakan bagian penting yang harus dilakukan untuk menarik minat, menciptakan kemudahan dan kenyamanan para pengunjungnya. Dari pemahaman tersebut dapat kita simpulkan betapa pentingnya desain sebuah blog.
Berkaca dari beberapa referensi tersebut, maka sebagai seorang blogger kita juga perlu memahami bagaimana peran dan fungsi desain untuk memudahkan pengguna mengakses blog yang kita miliki. Jika anda memiliki sejumlah dana lebih di kantong, silahkan untuk meminta bantuan para pakar desain blog, karena saya yakin mereka adalah para ahli yang sudah mendedikasikan diri sebagai designer website / blog.

Namun bagi anda yang tidak memiliki dana lebih atau bahkan kurang seperti saya pribadi, maka logika yang saya bagikan ini mungkin cukup membantu anda. (itupun apabila diterima.. hehehe..)


Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain sebuah blog :
  • Blog haruslah mudah di navigasi. biasanya untuk memasang panel navigasi dapat dilakukan pada bagian kanan atas blog. tetapi jika blog anda cukup panjang sehingga harus di scroll, panel navigasi juga bisa diletakan dibagian bawah. Navigasi yang ditampilkan juga jangan terlalu banyak, karena akan membingungkan si pengguna yang mengakses.
  • Kurangi warna-warna tajam atau warna yang dapat mengganggu syaraf mata pengguna. Bisa anda baca kembali di artikel saya tentang memberi warna blog
  • Pertimbangkan untuk memasang widget pendukung yang hemat, terpenting serta tidak memakan tempat dan waktu proses loading blog. Widget terpenting adalah widget yang berhubungan langsung dengan isi blog dan pemilik blog. Karna pengguna harus lebih banyak diberi tampilan tentang siapa pemilik blog dan isi blog sehingga dapat dengan mudah mengetahui apa saja yang kita bagikan di blog yang kita miliki.
Pertimbangkan diatas saya bagikan karena mengacu pada logika  yang di asumsikan sebagai berikut :
Sembilan puluh sembilan persen, seorang blogger pasti menginginkan si pengunjung blog tidak hanya hadir satu kali saja di blognya, tetapi menginginkan continue untuk kembali hadir dan membaca ketika ada referensi, konten artikel yang di sajikan author blog. Sehingga kredibilitas anda harus tetap terjaga baik di mata pengunjung / pengguna.
Semoga pertimbangan ini bermanfaat bagi anda semua.

Popular posts from this blog

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Alergi Air Hujan

Cerita di Tahun 80 an