Apakah artikel blog kita di sukai pengunjung?

Ketika kita memposting artikel yang telah dibuat ke dalam blog, keinginan terbesar adalah sebuah harapan, semoga artikel tersebut di sukai pengunjung.
Sobat blogger pasti mengetahui bahwa artikel merupakan bagian utama dalam membangun blog. Namun di satu sisi, kita juga perlu mengetahui kinerja konten yang kita tuliskan tersebut apakah benar-benar meningkatkan keberhasilan blog atau tidak? Apakah materi konten yang kita hadirkan benar-benar bisa menjadi informasi, pengetahuan, kegembiraan, penghilang stres atau lain sebagai.Karena jika kita tidak mengetahui hal tersebut, maka alangkah mubazirnya tulisan yang telah kita buat dengan susah payah selama ini.


Satu hal yang perlu diketahui bahwa keinginan terbesar seorang blogger adalah menampilkan berbagai macam konten yang menarik minat pengunjung untuk berlama-lama tinggal dan menelusuri seluruh bagian blog. Karena dengan lamanya pengunjung menelusuri konten blog maka tulisan yang kita sajikan benar-benar bermanfaat. Disamping itu strategi untuk meningkatkan performa blog pun menjadi lebih baik akan terwujud.

Lalu bagaimana cara mengetahui keseluruhan manfaat konten yang kita share selama ini?

Google Analystic kembali menjadi jawaban. Dengan menganalisa kinerja blog melalui alat analisa google, kita bisa mencari solusi untuk meningkatkan keberhasilan dalam membangun blog yang kita kelola ini.


bung penho
bung penhosebagai contoh, saya akan tampilkan gambar google analystic dalam membandingkan pengunjung unik dan durasi kunjungan terhadap blog kita.

Klik di bagian audience, kemudian kita lihat dibagian kanan kolom overview google analystic. Pilih unique visitors dan bandingkan dengan Avg visit duration





Lalu sorot bagian titik grafik dibawahnya untuk mengetahui berapa jumlah unique visitors pada hari A dan berapa waktu yang digunakan oleh para pengunjung saat berkunjung ke blog kita.







Kita dapat pula membuat perbandingan lain. misalnya berapa lama waktu pengunjung dalam menelusuri halaman blog atau artikel anda.


bung penho
Dengan mengetahui intensitas ini, kita sebagai author blog dapat mengetahui seberapa besar peran konten yang kita share selama ini mempengaruhi minat dari visitor blog kita.

Komentar

A. Y. Indrayana mengatakan…
Keren, bung ...

Tapi kalau untuk mengetahui statistik bukannya bisa dilihat di dashboard yaa ... ????
cerita anak kost mengatakan…
wah ente kalau bagian analisa keren emang. kalau ane ga sempat analisa analisa gan. kadang juga suka sedih si liat hasil analisanya, heheheh. jadi mending ga di urusin aja dah :D
Yuyud mengatakan…
Sebenarnya gak terlalu peduli sih. . . Mau pageview nya 0 per hari juga nggak apa apa. Hahahaha.
Tapi, nice info bung. :D
Masnady mengatakan…
Wah sobat emang sangat teliti dalam memperhatikan kinerja blog ya.? Saya malah kurang rajin dalam menganalisa kinerja blog saya.? Langsung saya coba dech tipznya sob.. Makasih nech udah selalu memberi pelajaran pada saya yg kurang paham.hehehe
Una mengatakan…
Sudah lama gak buka analytics...
Males ah... hihihi...
Anonim mengatakan…
Wuih, average 22 menit. Keren... punya ane aja cuma 15 menit sob. :)
Asep Haryono mengatakan…
Jadi yang rajin buka apa mba e?
Asep Haryono mengatakan…
saya sering pake Google Analytic namun entah kenapa beberapa minggu terakhir ini tidak saya fokuskan lagi. Suka bingung sendiri
Noe mengatakan…
secara garis besar memang lebih mudah dilihat di dashboard sob, tetapi untuk lebih detailnya bisa dengan cara seperti ini.
Noe mengatakan…
cuman sekedar konten buat mengingatkan saja sob. saya juga paling satu minggu sekali bukanya! hehehe..
Noe mengatakan…
hehehe.. namanya juga info sob! yang penting ada yang di update
Noe mengatakan…
masalahnya menulis artikel sekarang susah sob. rugi banget deh capek2 begadang buat cari inspirasi tapi gak mengubah efek pada blog. hehehe..
Noe mengatakan…
mungkin rajin buka kartu kale..hehehe!
Noe mengatakan…
jadi dari hasil itu bisa dibuat perbandingan buat ngubah selera artikel sob. hehehe..
Noe mengatakan…
sambil dibawa ngopi aza kang asep. pasti semuanya berjalan lancar hehehe..
belajar servis komputer mengatakan…
waduh kalo gak peduli sih buat apa kita ngeblog. kita ngeblog kan ingin dibaca orang lain bukan sekedar menulis kemudian dibaca sendiri, kalau cuma untuk sendiri sih mending nulis di buku atau catatan pribadi aja sob. pisssssssssssss
Noe mengatakan…
betul sekali kawan. thank buat tambahan masukannya.!
stupid monkey mengatakan…
wkwkwkwkwk ... rajinan buka blog orang kaya nya dia hahaha :D
stupid monkey mengatakan…
wew, visitor ane udah ngawur ngawur sob, lantaran domain ganti2 hehehehe :D
Noe mengatakan…
tapi lama kelamaan domain berbayar pasti lebih kincrong MON hehehe..
Yuyud mengatakan…
Mampir lagi kawan. . Nunggu postingan terbaru. Met beraktifitas.
Unknown mengatakan…
Saya pengunjung baru nih. Baru saja membuat blog yang berumur baru sekitar 1 jam yang lalu. Masih kosong belum ada apa apanya.

Blog saya rencananya berisi tentang Pelatihan dan Coaching Pembuatan Es Krim. Mendidik calon pengusaha es krim yang baru sehingga bisa mandiri. Halah malah jadi promosi ya. Salam kenal aja ya. Saya tau alamat ini dari Blognya Kang Asep Haryono

Salam Rudy Sebastian
Duta Bandara Blok E6/25

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ma'anyan