Google versus Bing

Kembali hadir menemui para pengunjung dan sahabat blogger.

Apakah anda suka membanding-bandingkan sesuatu? 
Kalau anda menyukainya, maka saya akan memberikan sedikit informasi tentang perbandingan antara dua mesin pencari raksasa bernama Google dan Bing.
Secara umum, Bing adalah search engine baru yang jelas kalah dari Google Search Engine. Karena Google memiliki kontributor yang sangat tinggi tentunya. Disamping itu pula kedua mesin pencari ini berbeda dalam teknologi kerja pencarian.

Untuk lebih jelas bagaimana perbedaan antara kedua mesin pencari ini dan pengaruhnya untuk blog yang kita kelola, silahkan anda baca lanjutan tulisan ini.........lanjut

Tapi sebelum itu, mungkin bagi anda yang peka akan perubahan yang terjadi dari blog lirik kiri kanan ini, akan bertanya mengapa widget Blog Sahabat (Update Status) saya tutup di blog ini?
Jawabannya adalah karena ada beberapa broken link yang mengakibatkan down nya blog ini untuk optimasi SEO.
So, untuk mengetahui status artikel sahabat blogger, saya akan check melalui reading lists di dashboard blog milik saya. atau bila berkenan mari kita saling berbagi dengan mengikuti blog melalui Google+

Lanjut lagi tentang Google dan Bing!
berikut beberapa perbedaan dari kedua engine site ini :
  • Dari metode kerjanya, Google mengandalkan konten yang relevan, dimana dalam setiap halaman konten mengandung kata kunci. Sementara Bing cenderung menempatkan pencarian kata kunci yang dipasang pada tag judul.
  • Google beranggapan bahwa Inbound link menjadi bagian penting dalam search enginenya, sementara Bing lebih menonjolkan perhatiannya pada H1, Meta Tag dan Judul
  • Bing lebih tertarik kepada web yang memiliki jam terbang tinggi atau usia web yang lama, sementara Google tidak menekankan pada usia berdirinya web atau blog.
  • Bagi anda yang menyukai tampilan Flash, maka blog anda akan lebih banyak tampil di Search Engine Bing. karena Bing sangat menyukai situs yang berkonotasi pada tampilan Flash  
  • Bing lebih menyukai kombinasi kata kunci dalam proses penelurusannya ketimbang google.
Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan kali ini. Namun dari beberapa perbedaan diatas, akan lebih baik kalo kita juga bisa mengkombinasikan optimalisasi blog yang kita miliki agar dapat memperoleh keuntungan dari kedua Search Engine ini.
Bagaimana menurut anda?

23 Komentar

  1. Wah, aneh ya . . Kok bing malah suka flash ?kan berat. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi memang begitulah salah satu perbedaannya!

      Hapus
  2. Istilah baru: H1? kalau saya mah belum familiar sama Om Bing

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan baru lagi mbak ririe. udah familiar banget istilah H1, H2, H3, dst! search aza, pasti banyak referensi tentang ini.

      Hapus
  3. Wah-wah sama-sama mesin pencari,tapi beda metodenya...? tapi sedikit baguslah kalau ada perbedaan sob..

    karena blog yang tidak ada flashnya bisa lari ke google, dan blog yang banyak flash nya bisa di bing...? cukup adil kok sob..

    BalasHapus
  4. tapi google tetep lebih unggul ya sob

    BalasHapus
  5. Bing ini memang bagus, tapi pada umumnya pada blog atau web yang sudah profesional, alias Ilmu SEO yang mantap, kalau gitu berarti apa ada persaingan antara google sama Bing kan sob.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar kang! sisi perbedaan menjadi persaingan site engine ini.

      Hapus
  6. gogle dan bing emang sama-sama besar, tapi para peselencar sebgian besar (hampir 75%) menggunakan google sebagai alat pencari data di internet. bagi seorang internet marketer google adalah sales online yang siap bekerja 24 jam non stop. jadi dalam optimasi SEO pasti google menjadi hal yang pertama dan utama untuk diperhatikan.

    BalasHapus
  7. Jadi inget kisah murid dan guru ngaji pas ada fatwa larangan make gugel karna itu produk israel! Bhahaha

    Guru: oke! Untuk waktu yg gak ditentukan, kalian dilarang gugling!
    Murid: nah? Trus gimana kita cari referensi? Gimana kita nyari data2 relevan buat kajian?
    Guru: kalian pake aja Bing!
    Murid: apaan tuh Bing!
    Guru: ya search engine kayak gugel gitu deh!
    Murid: alamatnya?
    Guru: hmmm, apa ya? *mikir hmmm, tanya gugel dulu deh!
    Murid: ???

    Bhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahahaha...mantap2! siapa sih yg gak kenal Eksak! (walaupun sebenarnya cuman kenal muka merah gitu) wkakakak.!

      Hapus
  8. Thanks sob sharingnya, nambah ilmu lagi nih hehehe...

    BalasHapus
  9. Blog saya sudah mulai saya cocokkan dengan Bing, tapi masih belum nampak hasil yang signifikan. Mungkin perlu waktu ya... visitor terbanyak masih dari Google.

    Btw, lama tak kemari... udah ketinggalan banyak postingan... hehehe...

    BalasHapus
  10. ehm.. saya ga tau banyak tentang bing. ternyata ente tau banyak ya, jangan jangan ente emang mainnya pake bing ya. banyak yang dateng dri bing ke blog ente ya gan. ehm. ternyata gitu ya, hanya blog yang besar yang nonggol di bing, pantesan artikel ane cuma dikit yang nyantol di sana. tapi mungkin lebih baik bing. soalnya di google sudah makin banyak sampah sampah artikel

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama