Bagaimana Menulis di Blog (Silahkan di Protes)

Dari hasil riset dadakan yang hanya mengandalkan logika sendiri, saya ingin menyampaikan kepada publik tentang bagaimana sebenarnya menulis tulisan yang paling cocok untuk kategori blog. Bagi yang pengen protes atas tulisan ini saya persilahkan asal jangan sampai membawa saya kursi pesakitan hehehehe...! (namanya aza logika sendiri bro)

Berikut hasil riset by Lirik Kiri Kanan :


SISI PEMBACA 
Sisi pembaca adalah hal utama yang perlu diperhatikan para blogger. Yang perlu diketahui dari pembaca / pengguna internet bahwa membaca langsung di depan layar monitor kompi atau notebook atau yang lainnya sangat berbeda dengan membaca buku atau koran / Surat Kabar yang biasanya dilakukan orang dirumah. Membaca artikel/tulisan online diinternet lebih sulit ketimbang seperti membaca koran, buku atau surat kabar secara manual. Makanya kadang apabila ada tulisan / artikel / referensi yang dicari oleh pengguna internet, mereka pasti lebih suka meng-copy paste untuk kemudian dicetak dan dibaca dilembaran kertas biasa. (silahkan di protes)

SISI PENULIS
Atas dasar sisi pembaca diatas, maka dari sisi penulis hendaknya menuliskan artikelnya harus lebih ringkas (dirangkum seminimal mungkin), dan rangkuman tersebut harus mudah untuk dimengerti. Apabila ada tulisan / referensi yang harus ditulis lengkap, maka lebih baik gunakan kata "Silahkan Download" untuk mendapatkan artikel ini selengkapnya. (Silahkan di Protes)

Dan kesimpulan akhir adalah :
Pembaca media online / tulisan online di sebuah blog akan lebih suka membaca tulisan yang ringkas, ini artinya : Jika anda mengupdate artikel tentang cerita, kisah-kisah, atau kenangan hidup, buatlah sesingkat mungkin serta mudah dimengerti oleh pembacanya. Namun jikalau anda menuliskan sebuah tips (yang mengandung unsur pelajaran/ilmu) dan tidak mungkin menulis secara singkat, maka buatlah tulisan lengkapnya dan bisa di download sehingga pembaca lebih mudah membacanya secara offline. tetapi jika tidak ingin dibuat dalam bentuk download, buatlah tulisan dengan kata-kata lebih ekonomis.

Begitulah kira-kira menurut logika saya!
Yang mau menerima tulisan ini silahkan, yang mau protes ya silahkan di protes! hehehe..

Popular posts from this blog

Alergi Air Hujan

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Kamus Dayak Ma'anyan