Hati-hati Menggunakan Script yang disisipkan URL

Bertemu lagi sobat blogger dan pengunjung blog sederhana ini.
Sehat wal'afiat semua khan!

Oke langsung aza ya.....
Peramban web yang saya gunakan untuk bisa bertemu, bertamu dan bersua dengan sobat semua di dunia maya ini. adalah peramban Chrome dan Mozilla. Kedua peramban inilah yang saya gunakan secara silih berganti di kompi butut berbasis Intel purbakala milik pribadi ini. (walaupun sebenarnya beli via ngutang hehee...)

Mozilla Firefox kita tau adalah peramban web gratis buatan yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawannya, sedangkan Chrome merupakan peramban yang di kembangkan oleh Google.
Dari segi kecepatan browsing (lewat komputer saya tentunya), saya merasa chrome lebih baik ketimbang mozilla, tetapi dari beberapa fakar yang pernah saya dengar di televisi mengatakan bahwa dari segi keamanan, mozilla lebih baik dibanding browser / peramban lainnya.
Yang mana yang benar dari keduanya? saya gak tau dan tak ingin terlalu tahu. yang penting bagi saya kedua peramban ini sama-sama ini bekerja demi kebaikan penggunanya! (makanya saya selalu menggunakan dua peramban ini secara silih berganti)

Lanjut ke pokok Judul
Alasan saya mengambil judul tulisan ini dilandaskan kepada suatu kejadian yang dituliskan dalam cerita berikut ini :


Beberapa bulan yang lalu, saya pernah diberitahukan oleh sobat blogger yang sekarang mungkin lagi hiatusss. Nama akrabnya Stumon, nama blognya StupidMonkey
Stumon mengatakan bahwa blog saya berisi konten yang berbahaya (terdeteksi Malware). Setelah saya tanyakan dengan Stumon, ia menggunakan peramban apa? kemudian dijawab menggunakan peramban chrome. Ketika itu saya sedang menggunakan peramban Mozilla, namun tidak ada peringatan. Tetapi setelah beberapa jam, baru saya mendapatkan juga peringatan dari Mozilla.
Kemudian saya coba telusuri menggunakan google webmaster yang dikembangkan oleh google, ternyata memang terdapat jaringan mencurigkan dalam blog saya.
Terus saya telusuri, konten apa yang dimaksudkan berbahaya oleh google tersebut. Akhirnya diberitahukan bahwa ada script yang saya gunakan di widget blog ini dari web lain. Di mana script tersebut berisikan alamat / url pemilik script yang di susupi peretas atau terjangkit virus.
Bahayanya adalah ketika ada pengunjung blog yang mengunjungi blog Lirik Kiri Kanan, maka dapat berakibat terjangkitnya virus (malware) ke komputer milik pengunjung tersebut . Itulah juga yang disampaikan mbah google melalui Stumon pada saat itu.
Kemudian cara menghilangkannya adalah dengan menghapus script tersebut dari blog saya.

Jadi sobat dan pengunjung blog semua, dari pengalaman tersebut saya menyarankan agar berhati-hati ketika menggunakan script yang menyertakan alamat url dari pemilik script tersebut. (ini bukan melarang maksud gue, cuman perlu hati-hati aza). 
Dan untuk memastikan keamanan blog yang kita miliki, sesering mungkin melakukan patroli menggunakan webmaster google, sehingga baik pemilik situs dan pengunjung situs akan lebih aman dan nyaman dalam berkendara di dunia maya ini. Betullll.....!

Oke sobat dan pengunjung sekalian, itu aza pengalaman hari ini yang bisa saya bagikan (share) kepada anda semua.

dan terakhir, buat salah seorang temen blogger yang pernah saya beritahukan bahwa saat ini di blognya sedang mengalami kejadian yang serupa seperti yang pernah saya alami diatas, mohon di cek and ricek kembali ya. Salam Blogger!.

35 Komentar

  1. seperti saya dulu gan, saya juga terkena malware gara gara memakai js yang ga jelas, mengarah ke url tertentu. tapi dari hari itu saya lebih hati hati memilih js dan memilih widget yang saya pasang. takutnya kejadian maware lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sobat. makanya gue sekarang mending pake widget standar aza dari blogspot. tetapi jika memang ada widget lain yg perlu banget, tetap gue pasang dan yg pasti sambil di cek juga sih!

      Hapus
    2. lebih baik scripnya di simpen sendiri gan, di google code, takutnya di salah gunakan ntar malah jadi kena apa apa blog kita. itu si kalau ane ya :D

      Hapus
  2. keduax gan . . jadi takut gan makek script orang lain #smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, jgn langsung takut sobat. cuman perlu hati2 aza

      Hapus
  3. ilmu baru nih, jangan2 rumahku ada juga penyusup, mhon di lihatkan, Kawan
    maklum masih belum melek malware

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheee... biaya ronda mahal sekarang hihihi...!

      Hapus
  4. Bung Penho tahu blognya Annesya ga ... ???
    Beberapa waktu silam ane pernah mengunjungi blog yang bernama 'When The Heart Chimes' tersebut, dan muncul peringatan ada malware gituu.

    Tapi sekarang udah nggak sih. Dan dulunya juga gak apa-apa.
    Wah itu emang bener ya ... Ada script yang harus diwaspadai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya gak pernah deh ke blog itu. tapi mungkin sama keadaannya seperti yang gue alami tuh.
      jadi memang wajib hati2 kalo pake script yg ada sisipan alamat pemilik scriptnya!

      Hapus
  5. terus caranya ngecek bahaya enggaknya gimana bung ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lewat webmastertool google kawan. liatin aza di opsi kesehatan web yg elo punya! kalo gak kedeteksi, berarti aman sobat!

      Hapus
  6. saya pernah membuka blog teman di dihadang oleh antivirus. saat itu saya menggunakan laptop/pc windows pinjaman. ketika saya buka dengan firefox dan chrome yang sama di linux ubuntu tidak masalah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. info yg disampaikan itu bentuknya gimana?
      versi peramban juga bisa membedakan metode perayapan dari google. ini mungkin aza!

      Hapus
  7. Artikel yang bermanfaat bgt nih buat dipelajari, thx sob.

    BalasHapus
  8. Wah wah saya sih sekarang masih suka pake Chrome, tapi yang lebih seringnya pake Modzila FireFox. Soalnya lebih cepet dan bisa ngebut loadingnya. Informasi ini akan saya share kepada yang lain. Izin sedot Gan. Terima Kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  9. rasanya saya jarang pake script yang abal abal gitu .. paling ya jquery dari ajax kok ... saya rasa masih aman ya ... hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya ketahui masih sebatas tulisan diatas kawan! mungkin utk jquery dari ajax aman2 aza dan mudah2an seterusnya seperti itu!

      Hapus
  10. ini peringatan untuk orang yang suka mainin script secara abal2 ... kalo saran sih, yang aman2 saja sob ... hehhee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya ini bukan murni kesalahan pemilik script, tetapi karna disusupi peretas, jadi ikutan divonis gugel juga para pengguna yg nge-link url tsb!

      Hapus
  11. Emang masalah terbesar blogspot itu widget gan...
    Ati-ati aja makai widget dari sumber yang tidak terpercaya.. :)

    BalasHapus
  12. Gua sering kok mengunjungi blog yang terkena virus malware tapi ngunjunginya ga sengaja...

    Terus komputer gua baik baik aja kok :D.
    soalnya komputer gua sering gua minumin jamu :D hahaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malware emang paling takut ama Jamu "beras kencur" gkgkgkgk

      Hapus
  13. tips yang sangat bermanfaat buat saya sobat
    terima kasih

    BalasHapus
  14. resep baru nich... izin mo nyicipi ya sobat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama