Langsung ke konten utama

Hati-hati Menggunakan Script yang disisipkan URL

Bertemu lagi sobat blogger dan pengunjung blog sederhana ini.
Sehat wal'afiat semua khan!

Oke langsung aza ya.....
Peramban web yang saya gunakan untuk bisa bertemu, bertamu dan bersua dengan sobat semua di dunia maya ini. adalah peramban Chrome dan Mozilla. Kedua peramban inilah yang saya gunakan secara silih berganti di kompi butut berbasis Intel purbakala milik pribadi ini. (walaupun sebenarnya beli via ngutang hehee...)

Mozilla Firefox kita tau adalah peramban web gratis buatan yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawannya, sedangkan Chrome merupakan peramban yang di kembangkan oleh Google.
Dari segi kecepatan browsing (lewat komputer saya tentunya), saya merasa chrome lebih baik ketimbang mozilla, tetapi dari beberapa fakar yang pernah saya dengar di televisi mengatakan bahwa dari segi keamanan, mozilla lebih baik dibanding browser / peramban lainnya.
Yang mana yang benar dari keduanya? saya gak tau dan tak ingin terlalu tahu. yang penting bagi saya kedua peramban ini sama-sama ini bekerja demi kebaikan penggunanya! (makanya saya selalu menggunakan dua peramban ini secara silih berganti)

Lanjut ke pokok Judul
Alasan saya mengambil judul tulisan ini dilandaskan kepada suatu kejadian yang dituliskan dalam cerita berikut ini :


Beberapa bulan yang lalu, saya pernah diberitahukan oleh sobat blogger yang sekarang mungkin lagi hiatusss. Nama akrabnya Stumon, nama blognya StupidMonkey
Stumon mengatakan bahwa blog saya berisi konten yang berbahaya (terdeteksi Malware). Setelah saya tanyakan dengan Stumon, ia menggunakan peramban apa? kemudian dijawab menggunakan peramban chrome. Ketika itu saya sedang menggunakan peramban Mozilla, namun tidak ada peringatan. Tetapi setelah beberapa jam, baru saya mendapatkan juga peringatan dari Mozilla.
Kemudian saya coba telusuri menggunakan google webmaster yang dikembangkan oleh google, ternyata memang terdapat jaringan mencurigkan dalam blog saya.
Terus saya telusuri, konten apa yang dimaksudkan berbahaya oleh google tersebut. Akhirnya diberitahukan bahwa ada script yang saya gunakan di widget blog ini dari web lain. Di mana script tersebut berisikan alamat / url pemilik script yang di susupi peretas atau terjangkit virus.
Bahayanya adalah ketika ada pengunjung blog yang mengunjungi blog Lirik Kiri Kanan, maka dapat berakibat terjangkitnya virus (malware) ke komputer milik pengunjung tersebut . Itulah juga yang disampaikan mbah google melalui Stumon pada saat itu.
Kemudian cara menghilangkannya adalah dengan menghapus script tersebut dari blog saya.

Jadi sobat dan pengunjung blog semua, dari pengalaman tersebut saya menyarankan agar berhati-hati ketika menggunakan script yang menyertakan alamat url dari pemilik script tersebut. (ini bukan melarang maksud gue, cuman perlu hati-hati aza). 
Dan untuk memastikan keamanan blog yang kita miliki, sesering mungkin melakukan patroli menggunakan webmaster google, sehingga baik pemilik situs dan pengunjung situs akan lebih aman dan nyaman dalam berkendara di dunia maya ini. Betullll.....!

Oke sobat dan pengunjung sekalian, itu aza pengalaman hari ini yang bisa saya bagikan (share) kepada anda semua.

dan terakhir, buat salah seorang temen blogger yang pernah saya beritahukan bahwa saat ini di blognya sedang mengalami kejadian yang serupa seperti yang pernah saya alami diatas, mohon di cek and ricek kembali ya. Salam Blogger!.

Postingan populer dari blog ini

Calon Isteri dari Suku Dayak Maanyan? Baca Sekilas Tentang Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan

Dalam prosesi pernikahan menurut adat suku dayak maanyan selalu dilalui dengan acara pemenuhan hukum adat. Ketentuan ini telah diatur berdasarkan adat istiadat yang berlaku dalam suku dayak secara khusus suku dayak maanyan. Akan tetapi jangan dipersepsikan bahwa hukum adat tersebut merupakan pernikahan atau perkawinan secara adat. 

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an