Langsung ke konten utama

Tips Meningkatkan Performa Blog

Hello kawan blogger!

Kali ini gue pengen bagi-bagi pengalaman tentang bagaimana menciptakan blog dalam waktu singkat dan memperoleh hasil yang maksimal. wuissstt... belagu!.
Maksimal yang gue maksudkan adalah tentang bagaimana membangun blog sehingga mendapatkan tempat di search engine google hanya dalam hitungan bulan. 

Blog lirik kiri-kanan (LKK) ini dibuat pada minggu kedua bulan Pebruari tahun 2012 dengan mengambil motto cuap-cuap di blog, yang intinya adalah menuliskan apa saja yang dilihat dan diketahui oleh author blog.
Jujur, gue sebenarnya masih newbie dalam dunia blogging ini. Tetapi dengan banyak membaca referensi para ahlinya, akhirnya blog ini dapat bertahan sampai saat ini.

Untuk blogger pemula, berikut kiat-kiat yang perlu dilakukan :

Ciptakan tema blog yang bersifat umum.
Umum disini maksudnya adalah membuat blog yang dapat digunakan untuk menulis artikel apa saja dan tidak terbatas tema. Kalau blog yang sobat buat bersifat khusus, misalnya tentang Tips dan Trik Nge-blog, berarti sobat harus terus membuat tulisan bertajuk tips dan trik blogger. Dan karna itu, gue jamin suatu saat sobat akan kerepotan sendiri menulis inspirasi diluar tema blog yang telah dibuat. Nah, disini yang terjadi justru seringnya anda meng-copas (Copy Paste) artikel yang bukan buatan anda sendiri. Aktivitas seperti ini justru tidak akan membantu meningkatkan performa blog di search engine. 
Tetapi perlu diingat, bahwa menciptakan blog khusus akan menjadi lebih baik dari yang umum selama anda tetap fokus kepada tema.

Gunakan Template Standart dari Blogger
Sebenarnya kita diperbolehkan mengedit template standar yang ada di blogspot sesuai keinginan kita, tetapi dengan menciptakan template yang di sukai, tidaklah berpengaruh terhadap search engine, karena yang diinginkan bukan tampilan template blog melainkan artikel yang kita tuliskan.

Daftarkan Blog ke Search Engine
Ini sebenarnya sudah umum dan baku sehingga hampir tak perlu ditulis. Namun, untuk blogger pemula mungkin belum ta'u. 
Agar tidak salah, untuk mengetahui cara mendaftarkan blog-nya ke search engine, silahkan browsing dengan keyword "Daftar Blog ke Search engine". untuk mendapatkan referensinya. (bilang aza males nulisnya)

Jalin Pertemanan dengan Blogger lainnya.
Untuk meningkatkan perform blog yang bersifat umum, sebaiknya buat jalinan pertemanan melalui gadget follower. Tetapi ini tidaklah cukup kalau hanya menjadi follower pasif.
Anda wajib menjadi follower aktif yang setiap waktu selalu mengunjungi sesama blogger untuk membaca dan mengomentari tulisan-tulisan terbaru yang mereka update. Proses komentar juga jangan sampai asal-asalan, tetapi harus mengena dengan topik yang dibaca. Karna dengan begitu, performa blog teman dan blog anda menjadi lebih baik.

Hindari Memasang Widget yang Kurang Bermanfaat.
Kadang-kadang, agar blognya kelihatan seru dan menarik, para blogger memasang widget berkapasitas gede dan atau widget yang sebenarnya kurang/tidak bermanfaat dan justru malah membuat loading blog menjadi beratttt!.
Dengan proses loading yang lambat tersebut, dijamin pengunjung blog akan segera meng-klik tanda (X) alias minggat!.

Update Artikel / Tulisan Anda.
Menurut pengalaman, blogger pemula akan lebih sering mengupdate artikel atau tulisan terbarunya ketimbang yang sudah lama bergelut di dunia blogger. Oleh karena itu, sering-seringlah mengupdate artikel yang menarik, mudah di fahami dan jangan tulisannya terlalu banyak, agar pembaca tidak malas membacanya (padahal tulisan yang ini panjang bangeetttt...hehehe)
Ingat, artikel / tulisan haruslah murni buatan sobat, jangan dari hasi copy paste artikel orang lain. karna mbah google paling suka dengan blogger yang jujur dan bertaqwa kepada Tuhan YME. 

dari penjelasan diatas, dijamin blog yang anda buat akan lebih SEO Friendly.

BAGAIMANA AGAR DILIRIK ADSENSE
Dari penjelasan singkat diatas, kemungkinan besar team adsense akan menyetujui blog anda sebagai tempat adsense bernaung. Kalaupun belum, anda dapat membaca kembali email balasan kenapa belum disetujui?. Pelajarilah dengan sabar. 
(Sejak bulan April, ketika Pagerank Google blog ini diberi angka 2, dan setelah mencoba mendaftar di adsense, gue selalu mencoba memahami alasan tidak diterimanya adsense diblog ini. Hasilnya, pada awal bulan Juli ini, Team Adsense pun luluh juga hatinya gkgkgkgk..)

Demikian pengalaman yang bisa gue bagikan khusus buat para blogger baru. Dan khusus buat yang senior, mohon masukan dan tambahannya ya!

Postingan populer dari blog ini

Calon Isteri dari Suku Dayak Maanyan? Baca Sekilas Tentang Pemenuhan Hukum Adat Dayak Maanyan

Dalam prosesi pernikahan menurut adat suku dayak maanyan selalu dilalui dengan acara pemenuhan hukum adat. Ketentuan ini telah diatur berdasarkan adat istiadat yang berlaku dalam suku dayak secara khusus suku dayak maanyan. Akan tetapi jangan dipersepsikan bahwa hukum adat tersebut merupakan pernikahan atau perkawinan secara adat. 

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an