Tips Mengatasi Grogi

Anda kurang ahli dalam berpidato atau menyampaikan sesuatu / berbicara di hadapan khalayak ramai ato Umum? Di antara semua manusia yang hidup di dunia ini sudah pasti Jelas ada yang grogi melakukan hal semacam itu. Penyebabnya bermacam-macam, ada yang memang belum pernah berbicara dihadapan orang banyak sehingga grogi, ada yang takut kalau-kalau diketawa'in, ada pula yang memang tidak suka dan masih banyak macam alasan lainnya.

Untuk itu..... Gue mo bagi-bagi tips mengatasi masalah tersebut.
Bagi yang berminat, silahkan melanjutkan membaca, dan bagi yang kurang ato tidak berminat sama sekali, dipersilahkan untuk tetap membaca hehehehe.....

Lanjut....


Berikut tips yang akan gue bagikan buat elo semua.

Pertama; berdirilah diatas podium, kemudian lirik ke kiri dan ke kanan lalu tarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan secara perlahan.

Kedua ; Angkat tangan kanan saudara sebatas bahu lalu berkatalah demikian "Apakah saudara2 tahu apa yang akan saya bicarakan hari ini?". Apabila audience berkata "tidak tahu", maka jawablah "Kalau begitu ngapain saya berdiri disini kalau anda tidak tahu samasekali".

Ketiga ; Ketika pertanyaan anda seperti poin kedua diatas dijawab "Kami tau semuanya", maka jawablah "Kalau begitu ngapain saya berdiri disini kalau anda semua sudah tahu".

Keempat ; Ketika pertanyaan yang sama anda ajukan lalu dijawab oleh sebagian audience ada yang tau dan ada yang tidak tau, maka jawablah "kalo begitu, bagi yang belum tau, silahkan bertanya kepada yang sudah tau".

Tips diatas dijamin manjur dan anda hanya berdiri paling lama 1 menit sehingga tidak akan ada perasaaan grogi, takut dan malu.

Popular posts from this blog

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Alergi Air Hujan

Cerita di Tahun 80 an