About Dayaknesse

Hallo All Blogger..!

Dari beberapa temen di kota (orang / suku jawa) menceritakan tentang suku jawa itu memiliki tata cara dalam berbicara itu mulai dari bahasa yang kasar sampai ke bahasa yang paling halus. Tingkatan seperti ini membuat banyak orang dari luar pulau Jawa akan berhati-hati ketika berbicara saat bertemu orang jawa. singkatnya seperti itu penjelasannya.

Lalu bagaimana dengan suku dayak?

Gadis Dayak MaanyanKalau berbicara tentang suku dayak sebenarnya tidak memiliki tingkatan bahasa seperti suku jawa. Suku Dayak memang memiliki banyak bahasa yang berbeda dalam tiap sukunya. Misalnya begini, kalau dayak Ngaju mengatakan "kamu mau pergi kemana" maka dibahasakan menjadi "Ka Kueh Ikau", terus dalam bahasa dayak ma'anyan menjadi "Ma Awe Hanyu" kalau lebih kedalam hutan ada bahasa dusun yang juga bagian dari bahasa maanyan, kalimatnya menjadi "Ga Awe Hanyu", (sebenarnya masih ada suku dayak lainnya, tapi gue capek nulisnya hehehe..). Bahasa yang disampaikan diatas tidak ada tingkatan kasar atau halusnya, semuanya sama rata atau setara. 

Gadis Dayak Maanyan
Disamping itu, suku dayak adalah suku yang selalu berbicara apa adanya, suku melucu dan terkadang karena saking suka berbicara akhirnya tidak bisa membedakan bagaimana cara ia berbicara untuk orang yang lebih tua atau untuk orang yang lebih muda darinya. Namun taukah anda semuanya itu sebenarnya hanya untuk menutupi kekurangan yang ada pada dirinya. kekurangan apakah itu? 

Gadis Berpakaian Adat Dayak
Suku Dayak sebenarnya adalah Suku Pemalu (kadang biarpun lapar, tapi kalau rasa malunya datang malah jadi sanggup gak makan dari pada menanggung malu hehehe..) Tetapi walaupun demikian, orang dayak sebenarnya adalah orang yang murah dan baik hati kepada siapapun.

Wanita Dayak Maanyan
Nah sobat, ketika anda memiliki sahabat yang aslinya adalah suku dayak di daerah anda, maka janganlah cepat tersinggung bila ocehannya ada yang gak ber-tata krama, karena sebenarnya itu adalah bawaan dari kebiasaan suku dayak. Tetapi sekali lagi saya menjamin 100 persen atau bahkan 1 juta persen bahwa orang dayak itu memiliki hati yang luar biasa baiknya.