Ideku Untuk PLN

Aktivitas kehidupan tidak akan lepas dari keperluan akan energi listrik. Oleh karena itu setiap orang pasti memerlukan listrik dalam menjalankan aktivitas dan rutinitas hidupnya. Hampir 99 % (sembilan puluh sembilan persen) alat / peralatan yang digunakan oleh manusia saat ini menggunakan energi listrik, karena itu jika sumber energi listrik kita lumpuh, maka dapat dipastikan akan berdampak signifikan terhadap aktivitas dan rutinitas manusia termasuk para pengguna blog tentunya!. Itulah sedikit kata pembuka untuk tulisan saya kali ini.

Telah kita ketahui bersama bahwa saat ini dalam meningkatkan kemudahan, kebebasan dan kenyamanan bagi pelanggannya, Perusahaan Listrik Negara atau di singkat PLN telah mengembangkan inovasi terbaru yakni Listrik Pintar dengan metode penggunaan daya listrik yang di isi voucher (pulsa) listrik. Sebagai pengguna listrik prabayar seperti ini saya merasakan ada kemudahan baik dari sisi pengendalian penggunaan listrik dan cara pembayaran yang tidak harus perlu antri di loket pembayaran seperti metode pascabayar. Di samping itu sebagai salah satu masyarakat pengguna sistem ini, saya tidak lagi merasa was-was akan denda jika terlambat membayar rekening listrik. Karena itulah dengan pengembangan system seperti ini maka saya perlu mengacungkan jempol untuk PLN seraya mengucapkan terimakasih atas inovasi terbarunya.


Namun di sisi lain ada beberapa kendala yang masih harus perlu diperbaiki oleh perusahaan listrik negara dalam pemberian pelayanan bagi masyarakat sebagai pelanggan. Menurut pendapat saya ada dua kendala utama terkait masalah pelayanan bagi pelanggan listrik yang masih tidak terakomodir dengan baik.

Berikut ringkasan tentang masalah di sisi pelanggan listrik yang saya yakini perlu dipertimbangkan oleh PLN :


TENTANG PEMADAMAN LISTRIK
Masalah : Saya berpendapat bahwa tidak semua pelanggan / pengguna listrik adalah masyarakat yang berlangganan koran sehingga jelas tidak semua pelanggan mengetahui berita tentang pemadaman listrik di wilayahnya. Tidak semua pelanggan juga bisa mendengarkan pemberitahuan via mobil PLN keliling terkait kabar pemadaman (apalagi warga yang tinggal di pedesaan).

Saran penulis : Dari sisi masalah pertama diatas, saya ingin memberikan saran bagi PLN sebagai berikut :
Disetiap proses pendaftaran pemasangan listrik (baik pascabayar atau prabayar), setiap pelanggan pasti di data dan pada formulir pendataan tersebut ada di cantumkan tempat pengisian nomor telepon genggam para pelanggan listrik. Alangkah baiknya jika PLN menggunakan gateway SMS untuk proses notifikasi pemberitahuan pemadaman listrik di daerahnya kepada para pelanggan yang sudah mengisi nomor telepon genggam pribadinya tersebut. Saya kira dengan cara seperti itu tidaklah sampai membebani Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini.

PENGECEKAN SAMBUNGAN LISTRIK
Masalah : Saat ini kebakaran sering terjadi karena di picu oleh arus pendek listrik.
Saran Penulis : Untuk masalah kedua ini saya kurang begitu tahu di daerah lain apakah pihak PLN selalu melakukan pengecekan, akan tetapi di daerah penulis, sampai saat ini tidak pernah ada pengecekan sambungan listrik. Sehingga pihak pelanggan menggunakan jasa pihak ketiga yang memahami permasalahan tentang listrik dan ini mengakibatkan pelanggan wajib mengeluarkan biaya ekstra. Karena itu saya berpendapat alangkah baiknya dilakukan pengecekan oleh pihak PLN terhadap sambungan listrik para pelanggan secara berkala guna menghindari masalah seperti yang disebutkan diatas.

Saya sering membaca, mendengar atau melihat slogan yang bertuliskan atau berbunyi "Kepuasan anda adalah tujuan utama layanan kami" sehingga ada pula kerinduan penulis untuk Perusahan Listrik Negara kita juga menggunakan slogan / semboyan tersebut sebagai mitra dari Motto PLN "Listrik Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik".

Tulisan ini di ikutsertakan dalam Lomba Blog
Ideku Untuk PLN ?

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama