Alasan Google tidak menjatuhkan pagerank di beberapa blog

Ketika mengalami kejatuhan pagerank yang sempat naik sejak blog lirik kiri kanan ini di buat, tidak dapat dipungkiri hal ini menjadi tanda tanya besar bagi saya. Walaupun blog ini bukan merupakan blog bisnis yang harus mampu menempatkan link nya di halaman pertama kolom penelusuran Google, akan tetapi hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri dalam mengungkap paling tidak sedikit dari kejatuhan ini.


Tidak seperti adsense yang memiliki kolom kebijakan program, dimana kita bisa melihat apa saja pelanggaran yang harus diperbaiki agar iklan dapat tampil dengan baik di blog, Google tidak pernah berbicara secara spesifik tentang alogaritma atau alasan-alasan mengapa blog atau situs jatuh posisinya di SERPs. Sehingga akhirnya banyak pemilik situs / blog tidak mau berfikir atau bahkan mengejar pagerank Google tersebut. "Naik atau turun semuanya terserah kepada google" mungkin itu yang pada akhirnya keluar dari mulut blogger atau pemilik website.

Saya pun akhirnya mencoba menelusuri beberapa blog yang menggunakan platform gratis dari blogger.com ini. Blogs Of Note adalah kumpulan banyak link pengguna blogspot yang dulunya pernah saya kunjungi. Hasilnya ternyata blog mereka kebanyakan tidak mengalami penurunan dan ada pula yang bahkan naik peringkat pageranknya. Disamping itu saya juga menelusuri blog yang di kelola oleh blogger Indonesia dan beberapa blog tersebut juga tidak mengalami penurunan.

Dari hasil pantauan saya, ternyata ada satu poin yang saya rasa bisa menjadi kesimpulan sementara mengapa google tidak menjatuhkan peringkat blog tersebut?
  • Patokan utama google menurut pendapat saya adalah karena konten yang di hadirkan murni (original) serta memiliki bobot kreativitas dan tambahan bukti berupa gambar / video koleksi pribadi. 
  • Konten yang dibuat tersebut juga tidak hanya untuk memenuhi tuntutan SEO atau hanya fokus pada kata kunci.
Tetapi sekali lagi saya ingin tegaskan bahwa pagerank bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai tujuan situs atau blog yang kita kelola. Ada banyak media sosial sebagai tawaran untuk kita mencapai tujuan. Namun kita juga harus angkat jempol bahwa google ingin menjadi penyedia jawaban tentang arahan link yang efektif bagi pengguna internet.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama