Jebakan Batman

Tahukah anda bahwa seseorang yang selalu mengedepankan profesionalisme dalam bekerja adalah orang yang memiliki jiwa idealisme yang tinggi.

Seorang profesional akan selalu mengedepankan sikap idealisme di mana mereka lebih meninggikan pandangan pada suatu ide ketimbang hal-hal yang bersifat materi dan fisik.

Menurut saya, negara Indonesia saat ini sangat memerlukan orang-orang dengan prinsip idealisme yang tinggi dalam menjalankan pemerintahan negara ini agar dapat berkembang lebih baik dan kuat.


Sewaktu masa orde baru runtuh dan lahirnya era reformasi, saya melihat dari layar televisi ada begitu banyak tokoh-tokoh muda profesional dan berjiwa idealisme tinggi yang muncul. Saat itu, dari kampung kecil ini saya begitu antusias melihat bagaimana negara kita ini pada saatnya nanti akan menjadi negara yang kuat dan menunjung tinggi sikap idealisme.

Waktu demi waktu berlalu, dan pada akhirnya banyak para tokoh muda negara ini jatuh dalam Jebakan Batman. Ya, ketika orang-orang dengan prinsif idealis ini telah masuk dalam ranah dunia Birokrat, dunia dimana ada satu unsur kuat yang ada didalamnya yaitu Unsur Politis, ide-ide brilian dari tokoh-tokoh reformis muda ini tidak pernah tumbuh dan bahkan para profesional muda kita akhirnya terseret dalam lingkaran kepentingan politis.

Profesionalisme akhirnya menjadi sampah, kaku dan beku ketika mereka masuk dalam dunia birokrat. Dan Idealisme seorang profesional akhirnya hanya bisa tumbuh di dua tempat yaitu Dunia Kampus dan Dunia Wiraswasta.

Anda tahu apa yang saya maksudkan dengan jebakan Batman ?