Bagaimana menciptakan konten blog layaknya penulis handal ?

Ketika anda mulai meniti dunia blogging untuk pertama kalinya, anda pasti akan di sibukkan dalam pola menuliskan potongan-potongan kata agar terlihat sempurna ketika dipublikasikan. Terkadang para blogger baru biasanya tertegun ketika berkunjung dan membaca tulisan dari para blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging. Terlihat bahwa begitu mudahnya para penulis blog tersebut membangun konten mereka walaupun mesti mengupdate artikelnya setiap hari.

Apakah ini karena sebuah kebiasaan yang terus diasah setiap harinya?

Secara garis besar, memang benar. Semuanya akan sangat mudah ketika anda terbiasa. Tetapi kebiasaan tersebut tidak didapat secara singkat, namun terus berjalan dari waktu ke waktu. Semakin anda sering menulis, maka semakin tinggi pola kebiasaan anda dalam membangun tulisan.

Lalu cara apa yang harus dilakukan agar semuanya bisa berjalan dengan singkat?

Ada salah satu cara yang menurut pemahaman saya bisa anda lakukan dalam waktu yang singkat untuk menciptakan konten blog layaknya seperti seorang penulis handal / profesional di bidangnya, yaitu :

Buatlah tulisan anda mengalir seperti sebuah percakapan. Anda pasti sangat luwes jika berbicara langsung  melalui mulut anda. Karena itu sekarang yang anda lakukan adalah men-translate pola percakapan melalui mulut tersebut dengan menggunakan huruf dan angka atau gambar visual. Buatlah sebuah perasaan bahwa pada saat anda sedang menulis artikel, anda sedang melakukan perbincangan langsung dengan pembaca anda. Di sini seorang pembaca harus anda anggap sebagai teman dekat anda yang sedang mendengarkan kabar, cerita, berita dan lain sebagainya dari anda.

Ingatlah bahwa tulisan yang paling baik dalam jurnal online pribadi adalah tulisan yang dibuat dari sudut pandang anda sendiri selaku pengelola blog tersebut.

Inilah sedikit saran dan masukkan untuk anda para newbie blogger untuk mencapai kunci terbaik dalam membangun blog.

Ada saran tambahan lain untuk tulisan ini ?

8 Komentar

  1. waduh ini yang saya susah sob, sempat pengen membuat artikel dengan gaya tulisan profesional, namun kemampuan saya belum sanggup saya sob, kalau saya baca baca justru sobat nih yang mendekati sempurna tulisannya..

    oya td ada yang mau jitak saya ya..? tau nggak sob orangnya di mana wkwkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. BEnar sekali apa yang dikatakan mas Nady di atas. Benar benar susah jika mood atau pada saat "blank" bahkan untuk menulis hal yang sedehrana sekalipun terasa sangat susah dan mencemaskan. Saya pun demikian.

      Ada saatnya "blank" menghinggapi di pikiran saya sehingga sangat sulit untuk menuliskan kalimat, dan saya rasa apa yang saya alami sering dialami oleh blogger yang sudah senior sekalipun

      Hapus
  2. saya bukan yang punya ayam sob, saya cuma penikmat ayam gorang saja.

    saya nggak mau di jitak sama sobat wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  3. tulisan ane mengalir seperti biasanya gan, sepertil halnya komentar ini pun ngalir aja. tanpa jelas maksud dan tujuannya. hehehe

    BalasHapus
  4. Setuju bung. Harus seolah olah kita sedang bicara langsung

    Maaf baru kunjung. Sibuk banget. :D

    BalasHapus
  5. Siiiap kakak,, hehe
    jadi inget waktu pertama kali nulis blog dulu, sulit sekali rasanya menuangkan maksud ke dalam kalimat,
    tapi memang benar sekali kalau semua akan mudah jika kita terbiasa. butuh proses..
    tetap semangaat..

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama