Menjaga Hubungan Baik

Dalam rangka membangun hubungan dengan sesama blogger, sudah menjadi kebiasaan untuk saling bersilaturahmi melalui komentar dalam tiap artikel yang di update. Hal ini terlepas dari suka atau tidaknya si pengomentar tersebut terhadap postingan yang disampaikan. Tetapi yang pasti semuanya itu bertujuan untuk saling menghargai setiap konten yang disampaikan.


Tulisan dengan banyak kata, misalnya 200 sampai 500 kata akan dibaca oleh blogger lain tergantung pada nilai tulisan yang disampaikan. Jika si komentator merasa perlu membaca semuanya, maka ia akan membaca semuanya, tetapi jika tidak maka kebanyakan hanya akan membaca satu atau dua paragraf saja.

Hal inilah yang sering menimbulkan komentar kurang tepat atau tidak tepat dari seorang komentator blog yang berasal dari kalangan blogger. Sehingga kadang, si pemilik artikel sering menuliskan "maaf, anda ternyata tidak membaca seluruh isi artikel ini".

Menurut pandangan saya, hal semacam ini adalah hal yang wajar dan biasa saja. Disamping itu saya membuat persepsi bahwa artikel yang dibuat ini mungkin tidak di sukai oleh salah seorang blogger yang mengomentari dan sekali lagi ini adalah sesuatu yang wajar karena jika di kaitkan dari sisi silaturahmi, sahabat blogger tersebut sudah melaksanakan tugasnya untuk saling menjaga hubungan baik.

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa komentator yang merupakan seorang blogger menginginkan artikel yang disampaikan bersifat instant atau tidak perlu dibumbui dengan beragam kata. Dalam istilah pacaran, biasanya sering diungkapkan dengan kata "To The Point".

Namun yang menjadi pertanyaan sekarang adalah tentang sisi pembaca media internet secara umum yang bukan dari kalangan blogger, apakah seorang penulis blog juga wajib menuliskan sesuatu secara instant sebagaimana yang disukai oleh blogger lain atau membangun artikel yang mengacu pada kerangka tulisan, dimana dimulai dengan pengantar, pendahuluan, permasalahan, cara penyelesaian dan kesimpulan?

Saya kurang begitu tahu akan hal ini, tetapi yang jelas, apapun yang kita tuliskan dalam media blogspot ini memiliki tujuan yaitu dari manusia, oleh manusia dan untuk manusia. Intinya adalah jika menurut pelajaran SEO, search engine menyukai tulisan dengan banyak kata misalnya 500 sampai 1.000 kata, sementara artikel yang kita buat ini memiliki tujuan yaitu untuk manusia, maka tulislah artikel yang disukai manusia sebagai pembaca, karena tulang punggung keberhasilan dalam membangun sebuah blog adalah interaksi yang tepat dengan manusia lainnya.