Blog adalah rumah bagi blogger

Ketika saya membaca di media internet ini, ada seorang pemilik perusahaan online sampai rela mengeluarkan dana besar guna meminta bantuan seorang ahli desain web untuk menciptakan desain situs online bagi perusahaan tersebut. Jika seseorang rela mengeluarkan uang hanya untuk mendesain websitenya, berarti sisi desain merupakan faktor penting yang harus diperhatikan untuk mendukung konten atau produk webnya.


Kemudian saya coba kaitkan hal ini dengan kondisi sebuah rumah dan membentuk sebuah persamaan antara bagian-bagian dalam blog dengan rumah hunian atau rumah pribadi kita. Hasil simple yang saya dapatkan adalah seperti dibawah ini :
  • Header blog kita diibaratkan bagian depan atau teras rumah
  • Widget sidebar (kiri dan kanan) diibaratkan halaman / pekarangan rumah atau dapat pula dianggap sebagai bagian kamar dalam rumah kita
  • Isi blog di ibaratkan bagian dalam rumah seperti ruang tamu dan ruang keluarga
  • Footer di ibaratkan sebagai dapur atau teras belakang rumah
Setelah bagian-bagian ini kita tentukan, selanjutnya kita lakukan penataan agar terlihat rapi, baik dan mudah Tentukan apa yang akan kita pajang di bagian-bagian yang sudah dibuat tersebut

Dekorasi seperti ini diperlukan untuk mempermudah pengunjung dalam menelusuri bagian-bagian dalam blog yang kita kelola. Intinya semakin baik seorang blogger menata blognya, maka akan menciptakan kenyamanan bagi pengguna dalam mengaksesnya. 

Disamping itu kita juga perlu memilih alat atau bahan apa yang dipajang atau ditaruh pada bagian-bagian dari blog tersebut. Karena setiap pengguna menginginkan kecepatan dalam mengakses blog, maka diperlukan alat-alat dengan kapasitas kecil / ringan namun tidak mengindahkan sisi kualitas dari alat atau bahan tersebut.

Intinya blog adalah rumah seorang blogger, ketika penataan desain menjadi baik, maka siapapun tamu kita akan merasa betah untuk datang berkunjung.
Bagaimana dengan blog anda?