About High Quality Content

Banyak penulis web mengatakan bahwa Bot Google saat ini lebih pintar dalam menganalisa dan mengetahui mana konten berkualitas dan mana yang tidak. Official Google juga mendukung hal tersebut.

Berikut ini adalah bagian kecil dari begitu banyak artikel yang menjelaskan bahwa Konten Berkualitas minimal memenuhi bagian persyaratan seperti dibawah ini :


  1. Konten yang bersifat original, buatan sendiri dan bukan hasil copy paste artikel penulis lain. 
  2. Dari sisi informasi yang disampaikan, lengkap, relevan, bisa menjawab dan memberi nilai manfaat bagi pembacanya
  3. Tata bahasa, ejaan dan suku katanya benar sesuai dengan cara penulisan yang baik
Jika sebuah blog tidak memiliki kriteria ini, maka akan menurunkan posisi artikelnya dari pencarian teratas di Search Engine.

Namun yang menjadi pertanyaan saat ini adalah bagaimana cara menganalisa kualitas dari sebuah konten ? Sudah benarkah tiga poin diatas telah memenuhi kriteria high quality content ?

Saya ingin menyampaikan opini tentang hal ini :

PERTAMA :
Kata copy berarti sama, serupa dan tidak berbeda atau sesuatu yang sesuai dengan aslinya sedangkan konten original adalah konten berasal dari hasil penelitian atau cerita karangan sendiri dan dituliskan serta bukan merupakan hasil karya orang lain. artinya sama sekali sangat baru dan tidak pernah dituliskan oleh orang lain.

Ketika saya menuliskan tentang satu cerita yang sama dengan yang diceritakan oleh orang lain tetapi menggunakan gaya bahasa saya sendiri maka itu bukan bersifat copy paste tetapi jika dikaitkan dengan kata original, maka artikel yang saya tuliskan bukanlah konten original karena hanya merupakan bagian dari pemutarbalikan kata atau kalimat semata.

KEDUA dan KETIGA,
Memberi nilai dan manfaat bagi pembacanya. 
Apakah konten yang saya tuliskan ini termasuk konten berkualitas? Seorang penulis tidak akan bisa membuat penilaian terhadap tulisannya sendiri, karena yang bisa memberi penilaian adalah audience atau pembaca tulisan tersebut. Jika sebuah cerita lucu tetapi merupakan tulisan original namun tidak menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik dan benar bisa mendapatkan pagerank tinggi, itu berarti bahwa setiap pembaca memiliki penilaian yang berbeda tergantung dengan apa yang di sukainya.
Pembuktian terbesar yang bisa dijadikan acuan adalah sebelum saya menuliskan artikel dengan ejaan yang bisa di translate oleh alat translator, di blog ini saya banyak menuliskan cerita lucu dengan tata bahasa yang sulit di terjemahkan (baca di tulisan berlabel cuap-cuap) selain para pembaca dari Indonesia dan orang yang memiliki kesamaan bahasa suku dayak dengan saya ketika tulisan saya menggunakan bahasa daerah. Dan terbukti blog ini tetap bisa mendapatkan kepercayaan dari adsense dan mendapat pagerank google.

Dari opini ini dapat diambil sebuah logika bahwa konten web dikatakan berkualitas jika konten tersebut memiliki fungsi, peranan dan pengaruh yang tinggi untuk saat ini dan akan datang. Maksud saya adalah sebuah artikel yang kita sajikan pada hari ini tidak akan habis dan hilang fungsi serta peranannya tak kala munculnya artikel baru yang kita update, akan tetapi artikel terdahulu pun tetap konstan dari waktu ke waktu dengan tingkat dan pengaruh yang tinggi dimata pembacanya.

Bagaimana pendapat anda ?