Mari Kita Jaga Hutan Kita

Pernah dengar tentang kebakaran hutan? pasti ta'u ya! awas kalo gak !
Pasti semua tahu ada begitu banyak dampak yang terjadi akibat kebakaran hutan. Apalagi kalau kebakaran hutan tersebut sangat parah dapat berdampak terhadap sosial, budaya dan bahkan ekonomi, misalnya : aktivitas sehari-hari jadi terganggung, menurunnya produktivitas, mata pencaharian jadi terganggu, hama tambah banyak, anggaran negara terkuras dan devisa makin turun, spesies hutan hilang ato mati, terjadinya erosi dan yang paling gawat juga adalah Kesehatan kita terganggu!


Tanah Kalimantan tempat gue bermukim menurut Greenpeace memiliki luasan sekitar 53,7 juta hektar dan luas hutannya 28 juta hektar. Kalo dikampung gue (dihitung dari kabupatennya) luasnya 8.830 Km2, hutan hujan tropis dataran rendah (377.395 hektar), hutan rawa (271.550 hektar), sungai dan danau (44.623 hektar) serta penggunaan lainnya (189.432 hektar). 

dari angka diatas udah jelas keliatan kalau daerah gue sebagian besarnya terdiri dari hutan belantara. so, kalo terjadi kebakaran hutan yang begitu luasnya, gue dan seluruh warga kampung pasti akan menderita lahir dan bathin heheheee.....

tapi untunglah, pemerintah melalui instansi terkait telah memberikan bekal untuk kami seluruh lapisan masyarakat buat menjaga hutan di daerah ini.

berikut sedikit picture tentang kegiatan pelatihan yang kami terima!

wahhh... BBM-nya sisa dikit lagi bang

Lha, ini Ular apa Selang ya???

Ayoo monyet-monyet, jangan lupa mandi ya!

Hiiitt...haaa, nyaam! pedas juga nasi bungkusnya

 Ayooo kawan-kawan, mari kita jaga hutan!