Mengganti Template Baru dan Hilangnya Script Pendukung

aGonta ganti template blog itu memang perlu. Ibarat seorang wanita yang akan pergi ke sebuah acara resepsi pernikahan. Ia harus mendandani dirinya dengan sebaik-baiknya agar terlihat cantik dan menawan.
Itulah yang saya lakukan di sela-sela menulis artikel di blog Lirik Kiri Kanan ini. Kang Beben selaku author blog beben-koben.blogspot.com, dalam beberapa komentarnya di blog ini juga memperhatikan tentang pergantian template yang saya lakukan. Thank buat Kang Beben atas perhatiannya.

Jujur saja, dalam meningkatkan performa blog agar cepat terindek di search engine, saya mengambil pelajaran dari beberapa blog yang sudah memahami tentang tips dan trick bekerja di blogger. Maklum, masih newbie soal nge-blog.
Pada template yang dulu / lawas, saya sudah memasang meta descriptions, tag, dan script-script meta pendukung lainnya. Ibarat seorang wanita sebagaimana tulisan diatas, saya juga merasa perlu mengembangkan tampilan blog ini dengan cara mengganti template, menambahkan beberapa background, dan lain sebagainya.


Permasalahan yang timbul adalah ketika saya membuka kembali editor HTML blog yang menggunakan template baru, script yang telah saya pasang pada template lawas ternyata tidak ditampilkan. Namun ketika saya coba klik judul postingan dan kemudian melihat pada bar browser yang saya gunakan, ternyata penggunaan script tersebut masih ada alias digunakan. Kemudian saya coba masuk ke situs yang menyediakan fasilitas gratis dalam menganalisa blog, ternyata analisa yang dihasilkan tidak menemukan adanya meta description dan meta tag.
Kesimpulan pertama saya berdasarkan hasil analisa diatas adalah script tersebut tidak terdeteksi pada HTML Template sehingga perlu dipasang lagi dengan mengambil dari backup template lama. Kesimpulan kedua akan saya tunggu jawaban dari teman-teman author blog yang lebih memahami tentang ini.
Kalaupun ada masukan dan pencerahan tentang kebingungan ini, mohon di informasikan sebagai bahan masukan.!

1 Komentar

  1. Iqbal 28 Februari 2012 23:29
    Jika sobat mengganti template, maka tag seperti meta dll akan hilang. Maka dari itu alangkah amannya jika sobat mendownload template lama sobat terlebih dahulu...
    Lalu masalah "kira2 bermasalah nggak nantinya dengan blog saya?" sebenarnya tidak. Hanya saja, jika meta tag dari alexa tidak ada, maka status blog sobat yang tadinya claimed (karena sobat telah daftar di alexa) kemungkinan besar sekarang menjadi unclimed dikarenakan meta alexa di template sobat sudah tdak ada dan alexa tdak bisa men-track blog sobat dengan lebih spesifik. Semoga membantu :D
    KEEP BLOGGING!

    pencerahan from :Iqbal

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama